TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP MEKANISME REPURCHASE AGREEMENT DALAM JUAL BELI SURAT BERHARGA SYARIAH (Studi di Bank Syari’ah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung)

Merta, Alyana (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP MEKANISME REPURCHASE AGREEMENT DALAM JUAL BELI SURAT BERHARGA SYARIAH (Studi di Bank Syari’ah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MERTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah praktik obligasi saat ini terus mengalami peningkatan salah satunya mekanisme Repurchase Agreement (Repo) yaitu merupakan transaksi hutang piutang dengan jaminan efek, transaksi pinjam meminjam dan transaksi jual beli dengan jaminan apa yang dijaminkannya akan dibeli kembali oleh pihak yang berhutang karna masih banyaknya simpang siur tentang masalah obligasi syariah dengan mekanisme Repurchase Agreement (Repo). Maka Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana mekanisme Repurchase Agreement (Repo) dalam jual beli surat berharga sistem syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kedaton Bandar Lampung dan Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Repurchase Agreement (Repo) dalam jual beli surat berharga sistem syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kedaton Bandar Lampung. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui mekanisme Repurchase Agreement (Repo) dalam jual beli surat berharga sistem syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kedaton Bandar Lampung dan Untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Repurchase Agreement (Repo) dalam jual beli surat berharga sistem syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research), sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam pembahasan ini adalah analisis deskriptif analitik dengan menggunakan penalaran induktif. Berdasarkan hasil penelitian, mekanisme Repurchase Agreement (Repo) dalam jual beli surat berharga sistem syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kedaton Bandar Lampung yaitu menggunakan transaksi sell/buy back yang melibatkan pemindahan efek dan adanya kepemilikan atas efek tersebut. Sedangkan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Repurchase Agreement (Repo) dalam jual beli surat berharga sistem syariah di Bank syariah Indonesia (BSI) KCP Kedaton Bandar Lampung bahwa sudah jelas classic repo bukan termasuk dalam dua akad yang dilarang. Kata kunci: Mekanisme Repurchase Agreement, Jual Beli Surat Berharga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2023 08:24
Last Modified: 19 May 2023 08:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28154

Actions (login required)

View Item View Item