PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN AFEKTIF PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG (Studi Quasi Eksperimen Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)

Novianti, Ratika (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN AFEKTIF PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG (Studi Quasi Eksperimen Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN AFEKTIF PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG Oleh Ratika Novianti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resiprocal teaching dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan metakognisi dan afektif pada konsep sistem sirkulasi kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experimental ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 3 September s/d 14 September 2016 di kelas XI IPA SMA N 15 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel adalah probability sampling type simple random sampling. Sampel ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 2) dan kelas kontrol (XI IPA 1). Model pembelajaran reciprocal teaching dengan teknik mind mapping dilaksanakan pada kelas eksperimen (XI IPA 2) sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data berupa dengan tes uraian metakognisi dan lembar angket metakognisi untuk penilaian kemampuan metakognisi, lembar angket afektif untuk penilaian afektif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh uji hipotesis hasil belajar kemampuan metakognisi menggunakan uji Independent t-test Microsoft Exel 2007 dengan hasil thitung (1,713) > ttabel (1.67155) dan uji hipotesis hasil belajar afektif menggunakan uji Independent t-test Microsoft Exel 2007 dengan hasil thitung (2,30905) > ttabel (1.67155). Berdasarkan hasil uji t, maka dinyatakan Hi diterima artinya, ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan metakognisi dan afektif pada konsep sistem sirkulasi kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran Resiprocal Teachig, Teknik Mind Mapping, Hasil Kemampuan Belajar Metakognisi, Hasil Belajar Afektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:17
Last Modified: 08 Jan 2018 06:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item