PERSEPSI MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM TERHADAP DAKWAH MELALUI APLIKASI TIKTOK DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

MONICA, AMELIA PUTRI (2023) PERSEPSI MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM TERHADAP DAKWAH MELALUI APLIKASI TIKTOK DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MONICA AMELIA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Aplikasi Tiktok saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Aplikasi Tiktok sendiri merupakan aplikasi platform berbagi video pendek yang berasal dari China. aplikasinTiktok telah mengambil perhatian banyak kalangan dalam bidang dakwah untuk berdakwah pada aplikasi Tiktok mulai dari ulama-ulama yang sudah mempunyai ilmu yang luar biasa dan muncul para dai-dai baru dari kalangan muda salah satunya adalah Ustadz Syam @syam_elmarusy yang menggunakan aplikasi Tiktok sebagai media dakwah. Dakwah melalui Tiktok tersebut menimbulkan pertimbangan banyak orang termasuk mahasiswa mengenai apakah aplikasi tersebut bisa digunakan sebagai media dakwah dikarenakan sebelumnya aplikasi Tiktok sempat di blokir pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam terhadap dakwah melalui aplikasi Tiktok. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode field research. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer di peroleh langsung dari informan yang merupakan mahasiswa Komunikasi dan penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung mengenai dakwah melalui aplikasi Tiktok, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori SOR kepanjangan dari Stimulus�Organism-Respons. menurut teori ini sikap yang muncul tergantung pada proses yang terjadi pada individu, dimana pesan yang tersampaikan mungkin diterima ataupun ditolak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam menghasilkan persepsi positif yang dimana mereka setuju bahwa aplikasi Tiktok dapat digunakan sebagai media dakwah karena aplikasi Tiktok mudah digunakan dan penyebarannya luas. Dari segi kognitif terhadap dakwah yang disampaikan Ustadz Syam melalui aplikasi Tiktok adalah positif menurut mahasiswa dakwah yang disampaikan ustadz di Tiktok jelas, ringan dan mudah dipahami. Dari segi afektif mahasiswa memiliki iii perasaan senang, dan terhibur dakwah Ustadz Syam serta menyukai cara Ustadz Syam menyampaikan pesan dakwah. Aspek Konatif adalah positif juga dapat dilihat dari mahasiswa menerapkan informasi yang didapat dari video dakwah melalui aplikasi Tiktok ke kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Dakwah Digital, Persepsi Mahasiswa, Teori SOR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2023 07:34
Last Modified: 19 May 2023 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28148

Actions (login required)

View Item View Item