PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG

EUIS, SUCIANA DEWI (2023) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI EUIS SUCIANA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk dapat memberdayakan dan meningkatkan peran serta masyarakat, sekolah harus bisa membina kerjasama dengan orang tua dan masyarakat menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik dan warga sekolah. Itulah sebabnya paradigma peningkatan mutu pendidikan mengandung makna sebagai manajemen partisipatif yang melibatkan peran serta masyarakat sehingga semua kebijakan dan keputusan yang diambil adalah kebijakan dan keputusan bersama, untuk mencapai keberhasilan bersama.10 Partisipasi ini perlu dikelola dan dikoordinasikan dengan baik agar lebih bermakna bagi sekolah, terutama dalam peningkatan mutu dan efektifitas pendidikan lewat suatu wadah yaitu dewan pendidikan di tingkat kabupaten/kota dan komite sekolah di setiap satuan pendidikan. Tujuan Penelitian ini yaitu:1) Peran komite memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait, 2)Menggalang dana dan sumber daya pendidikan lain nya dari masyarakat baik perorangan/organisasi/ dunia usaha/ dunia industri maupun pemangku kepentingan lain nya melalui upaya kreatif dan inovatif. 3) Mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan 4) menindak lanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orang tua/ wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan komite sekolah atas kinerja sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif pada pembahasan tentang Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Islam Assalam Bandar Lampung, dengan subjek 4 orang yaitu Kepala Sekolah, Ketua Komite, satu orang wali murid dan waka kesiswaan dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi sedangkan analisisnya menggunakan analisis sumber. Hasil penelitian ini deproleh bahwa: 1) Sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), peran komite sekolah di SD Islam Assalam pada beberapa hal berikut: penyusunan RKS maupun RKT, Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah dan penentuan iii program unggulan yang ada di sekolah seperti penguasaan mengenai membaca Al-Qur’an dengan beberapa metode khususnya hafalan�hafalan juz amma, dan pelaksanaan dalam hal kedisplinan guru maupun siswa. 2) Melakukan penggalangan dana dengan Mengajukan proposal permohonan dana ketempat kerja beberapa wali murid, Mendukung dalammemaksimalkan anggaran operasional sekolah dan menggunakannya sesuaikebutuhan, Membantu pembiayaan perbaikan taman dan pengecatan ulang lapangan serta pembangunan kantin sehat. 3) sebagai pengawas pelayanan pendidikan yaitu dengan memantau dalam pelaksanaan RKT dan RKS, Memantau penggunaan anggaran yang bersumber dari dana BOS, Pengawasan terhadap kebijakandan program kepala sekolah sertadalam pengembangan dan penambahan fasilitas sekolah seperti pengadaan gambar-gambar mengenai pembelajaran yang bersifat umum yang ada di dalam kelas. 4) Sebagai penindak lanjut keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orang tua/ wali, dan masyarakat, peran komite sekolah sebagai penindak lanjut laporan kepada pihak sekolah terkait keluhan wali murid akibat kemacetan yang terjadi saat pengantaran dan penjemputan siswa, Menjadi penghubung yang baik disaat terjadi masalah seperti kenakalan anak murid yang meresahkan Kata Kunci: Peran Komite Sekolah dan Komite Pendidikan iv ABSTRACT To be able to empower and increase community participation, schools must be able to foster cooperation with parents and the community to create a conducive and pleasant atmosphere for students and school residents. That is why the paradigm of improving the quality of education implies participatory management that involves community participation so that all policies and decisions taken are joint policies and decisions, to achieve mutual success.10 This participation needs to be managed and coordinated properly to make it more meaningful for schools, especially in improving the quality and effectiveness of education through a forum, namely the education council at the district/city level and school committees in each education unit. The objectives of this study are: 1) The role of the committee provides consideration in determining and implementing related education policies, 2) Raising funds and other educational resources from the community, both individuals/ organizations/ business/industrial world and other stakeholders through creative and innovative. 3) Supervise educational services in schools in accordance with the provisions of laws and regulations; and 4) follow up on complaints, suggestions, criticisms, and aspirations from students, parents/guardians, and the community as well as the results of the school committee's observations on school performance. This study uses qualitative research using a descriptive approach to the discussion of the Role of School Committees in Improving the Quality of Education at SD Islam Assalam Bandar Lampung, with 4 subjects, namely the Principal, Chairperson of the Committee, one student guardian and student assistant with interview data collection techniques and documentation while the analysis uses source analysis. The results of this study show that: 1) As an advisory agency, the role of the school committee at SD Islam Assalam is in the following: preparation of RKS and RKT, School Revenue and Expenditure Budget Plans and determining excellent programs in schools such as mastery of reading Al-Qur'an with several methods, v especially memorizing juz amma, and implementation in terms of teacher and student discipline. 2) Doing fundraising by submitting proposals for funding applications to the workplace of several parents, Supporting in maximizing the school's operational budget and using it as needed, Assisting in financing garden repairs and repainting the field as well as building a healthy canteen. 3) as a supervisor of education services, namely by monitoring the implementation of the RKT and RKS, monitoring the use of the budget sourced from BOS funds, supervision of the principal's policies and programs as well as in the development and addition of school facilities such as procurement of pictures regarding existing general learning in the classroom. 4) As a follow-up to complaints, suggestions, criticisms, and aspirations from students, parents/guardians, and the community, the role of the school committee is to follow up on reports to the school regarding complaints from parents due to traffic jams that occur during student delivery and pick-up. a good liaison when problems occur such as disturbing student misbehavior Keywords: Role of School Committee and Education Committee

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2023 07:13
Last Modified: 19 May 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28144

Actions (login required)

View Item View Item