MINAT MAHASISWA KPI ANGKATAN 2017 TERHADAP PROFESI CONTENT CREATOR

M Rangga, Septian Adi P (2023) MINAT MAHASISWA KPI ANGKATAN 2017 TERHADAP PROFESI CONTENT CREATOR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M Rangga Septian Adi P.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Content creator adalah profesi membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten tersebut dibuat untuk media, khususnya media digital. Tidak dapat dipungkiri hadirnya media sosial merupakan salah satu perkembangan teknologi yang memiliki andil besar dalam memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Tak terkecuali generasi milenial, selain untuk pemenuhan kebutuhan informasi sehari-hari, media sosial juga kerap digunakan sebagai wadah berkreatifitas dalam membuat konten konten yang menarik perhatian para penggunanya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa KPI angkatan 2017 terhadap profesi content creator. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini meliputi bagaimana minat mahasiswa KPI angkatan 2017 terhadap profesi content creator di FDIK UIN Raden Intan Lampung? Apa faktor yang mempengaruhi kecenderungan minat mahasiswa KPI angkatan 2017 terhadap profesi content creator FDIK UIN Raden Intan Lampung?. Dalam Penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi angkatan 2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, Interview, Dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat terhadap profesi jurnalis muslim pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung cukup rendah. Keinginan untuk menjadi content creator di media social sangat kurang. Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa terhadap profesi content creator didorong oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yakni: tumbuh dari diri sendiri seperti pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan. Dengan menjadi content creator maka akan mengetahui informasi lebih awal dari masyarakat dan meningkatkan kreatifitas diri, serta menyukai tantangan. Faktor eksternal yakni: Dorongan dari orang tua atau keluarga, dan keadaan lingkungan. berupa lingkungan yang mendukung terkait kerja content creator, pengetahuan tentang kerja content creator serta peluang yang ada. Kata kunci: Minat Mahasiswa, Profesi, Content Creator

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2023 06:48
Last Modified: 19 May 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item View Item