TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM BUNDLING (Studi di Toko Grosir Benjaya Desa Rejomulyo Kecamatan Palas Lampung Selatan)

NITA, AYU PERTIWI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM BUNDLING (Studi di Toko Grosir Benjaya Desa Rejomulyo Kecamatan Palas Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-2-5. Repository (1).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-5 Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar barang atau barang dengan uang dengan jalan melepaskan hak milik dari yang satu kepada yang lain atas dasar saling merelakan sesuai dengan ketentuan yang di benarkan syara’ (hukum Islam). Jual beli yang disyariatkan Islam yaitu jual beli yang tidak mengandung unsur penipuan, kekerasan, kesamaran, riba, dan jual beli lain yang dapat menimbulkan kerugian dan penyesalan pada salah satu pihak. Dalam sebuah transaksi jual beli, pihak penjual dan pembeli memiliki hak dan kewajiban tertentu. Pihak pembeli memiliki hak dan kewajiban dan begitu pula penjual. Jual beli yang dilakukan toko Grosir Benjaya yaitu menggunakan sistem bundling. Bundling adalah suatu startegi pemasaran dimana dua atau lebih produk dijual dalam sebuah harga khusus yang dipaketkan. Dimana penjual membundling barang yang banyak diminati masyarakat dengan barang yang kurang diminati oleh masyarakat. Penjual menggunakan sistem ini agar barang yang kurang laku cepat terjual sehingga meminimalisir terjadinya kerugian. Sehingga terjadinya suatu rumusan masalah mengenai Bagaimana Praktik Jual Beli Dengan Sistem Bundling di Toko Grosir Benjaya Desa Rejomulyo Kecamatan Palas Lampung Selatan? Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli dengan Sistem Bundling di Toko Grosir Benjaya Desa Rejomulyo Kecamatan Palas Lampung Selatan?. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) yang dilakukan terhadap penjual dan pembeli secara langsung di Toko Grosir Benjaya Desa Rejomulyo Kecamatan Palas Lampung Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif, sumber data dalam penelitian ini ada dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data yang diterapkan yaitu dengan cara kualitatif atau penjabaran. Analisa masalah dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dan dikembangkan melalui imajinasi kreatif penulis. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan praktik jual beli dengan sistem bundling di toko Grosir Benjaya. Hasil penelitian jual beli dengan sistem bundling di Toko Grosir Benjaya Desa Rejomulyo Kecamatan Palas Lampung Selatan merupakan jual beli yang terjadi antara pedagang dengan pembeli yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara langsung. Dalam segi hukum Islam jual beli dengan sistem bundling ini sah dan diperbolehkan karena sesuai rukun dan syarat jual beli. Serta telah sesuai dengan prinsip hukum Islam dalam bermuamalah yaitu tidak ada unsur paksaan dari penjual kepada pembeli, transaksi yang dilakukan atas dasar suka sama suka. tidak terdapat unsur kedzoliman, penipuan, dan kecurangan sama sekali karena konsep sistem bundling tersebut tidak ada unsur riba, unsur garar, dan ḍarar serta tidak ada dalil Qur’an dan Hadis yang melarang hal tersebut. Kata Kunci: Bundling, Hukum Islam, Jual Beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2023 06:19
Last Modified: 17 May 2023 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28116

Actions (login required)

View Item View Item