PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021 / 2022

VINDA, RIASTIWI ALIFIA (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021 / 2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of VINDA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya, Gadget memang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna membantu dalam berkomunikasi secara cepat, menambah wawasan serta pengetahuan mulai dari pendidikan hingga bisnis, memperbanyak relasi, membantu dalam mengerjakan tugas dan masih banyak fungsi lain yang terdapat di dalam gadget. Kemudahan untuk mengakses informasi seperti pada smartphone, membuat anak-anak cenderung kesulitan memilih hal yang memang disajikan untuk anak-anak atau orang dewasa. Dari kemudahan tersebut, menimbulkan peserta didik yang tertutup dan suka menyendiri, mengalami penurunan konsentrasi saat pembelajaran sehingga tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran tidak dikerjakan, dan menyalahgunakan gadget saat kegiatan pembelajaran sehingga terkadang gadget justru dijadikan untuk hal-hal yang tidak baik seperti bermain game online, membuka sosial media, chatting & kegiatan lainnya. Dilihat dari hal tersebut peneliti merasa peserta didik membutuhkan layanan konseling dengan menggunakan pendekatan yang khusus untuk menangani siswa yang memiliki kontrol diri dan kesadaran diri rendah tersebut dengan meningkatkan kesadaran dan dapat membatasi diri dalam memanfaatkan penggunaan gadget dengan konseling kelompok dengan teknik reframing terhadap dampak negatif pengggunaan gadget pada peserta didik Di SMPN 16 Bandar Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konseling kelompok teknik reframing terhadap penggunaan gadget pada peserta Di SMP Negeri 16 Bandar Lampung Tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah menggunakan desain one group pretest post test design. Adapun hasil yang dapat diketahui dari pernyataan jumlah T hitung pada uji T Paired signifikan 0,000 <0,05 Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jika dilihat dari hasil yang dibandingkan menggunakan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing untuk meminimalisir Dampak Negatif Pengggunaan Gadget pada peserta didik Di SMP Negeri 16 Bandar Lampung, mengalami perubahan setelah diberikan treatment konseling kelompok dengan teknik Reframing. Kata Kunci; Gadget¸ Konseling Kelompok, Reframing iv ABSTRACT Basically, gadgets have a very important role in human life to help communicate quickly, add insight and knowledge from education to business, increase relationships, assist in work assignments and many other functions contained in gadgets. The ease of accessing information such as on a smartphone makes it difficult for children to choose what is presented for children or adults. From this convenience, it causes students who are closed and like to be alone, experience a decrease in concentration when the lessons given by subject teachers are not done, and abuse gadgets when learning so that gadgets are not used for good things such as playing online games, opening media. social, chat & other activities. Judging from this, the researcher feels that students need counseling services by using a special approach to deal with students who have low self-control and self-awareness by increasing awareness and being able to limit themselves in utilizing the use of gadgets with group counseling with reframing techniques on the negative impacts of using gadgets. to students at SMPN 16 Bandar Lampung. The purpose of this study was to examine the effect of group counseling on the re-framing technique on the use of gadgets among participants at SMP Negeri 16 Bandar Lampung in the academic year 2021/2022. This type of research is using a one group pretest post test design. The results that can be seen from the statement of the number of T counts on the Paired T test are significant 0.000 <0.05. This indicates that Ho is rejected and Ha is accepted. When viewed from the results compared using Group Counseling With Reframing Techniques to Minimize the Negative Impact of Using Gadgets on Students at SMP Negeri 16 Bandar Lampung, there has been a change after being given group counseling with the Reframing technique. Keywords; Gadget, Group Counseling, Reframing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2023 04:00
Last Modified: 17 May 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28114

Actions (login required)

View Item View Item