PENGARUH PENDEKATAN BELAJAR SAVI (SOMATIC–AUDITORY– VISUALIZATION– INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Asmarani, Veni (2017) PENGARUH PENDEKATAN BELAJAR SAVI (SOMATIC–AUDITORY– VISUALIZATION– INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (70MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru mempunyai peran penting dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang mendorong peran penting dan pemahaman siswa. Usaha untuk menciptakan kondisi yang dapat melibatkan peran aktif siswa membutuhkan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan bervariasi sehingga siswa akan berperan aktif dan tercapai hasil yang diharapkan. namun kenyataannya belum memperlihatkan hasil yang optimal. Kondisi ini disebabkan karena pembelajaran di kelas masih monoton dan pendekatan yang kurang bervariasi. Sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pendekatan Belajar SAVI (Somatic–Auditory– Visualization–Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MIN 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design jenis deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V di MIN 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 89 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rendom sampling atau dengan cara diundi karena berjumlah 3 kelas dan peneliti hanya mengambil 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk esay dan dokumentasi data serta kegiatan didalam kelas. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t. Pengujian analisis data dilakukan dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t diperoleh hasil bahwa Lhitung= 5,342, sedangkan nilai Ltabel=1,645. Oleh karena Lhitung  Ltabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Belajar SAVI (Somatic–Auditory–Visualization–Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di MIN 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:24
Last Modified: 02 Jan 2018 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item