PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

Dwi, Anisya (2023) PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Dwi Anisya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH Oleh Dwi Anisya Peran guru pendidikan agama Islam menjadi prioritas utama dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Peran guru sebagai pendidik merupakan teladan, panutan, dan tokoh yang diidentifikasikan oleh peserta didik. Kedudukan sebagai pendidik menuntut guru untuk membekali diri dengan pribadi yang berkualitas berupa tanggungjawab, kewibawaan, kemandirian, dan kedisiplinan. di sekolah tersebut akan tercipta budaya yang bersifat keagamaan. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yakni dalam bentuk narasi atau paragraf dan bukan berupa angka-angka melalui proses pengumpulan data, reduksi data, dan display data. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian dapat disimpulkan guru PAI memiliki peran sebagai pendidik, konselor, fasilitator, motivator. Dalam menumbuhkan sikap keagamaan atau peran keagamaan peserta didik di SMP Islam Terpadu Terbanggi Besar Lampung Tengah mengadakan beberapa kegiatan keagamaan yaitu: Sebagai contoh salam (Senyum, sapa, salam), memberikan motivasi sebelum pelajaran dimulai, memberikan keteladanan, kegiatan tadarus Al-Qur’an, membaca asmaul husna dan shalawat nabi, dan Gerakan Infak setiap hari jum’at. Kata Kunci : Guru PAI, Peran/Sikap Keagamaan iii ABSTRACT THE ROLE OF THE PAI TEACHER IN IMPROVING STUDENTS RELIGIOUS CARE ATTITUDE AT THE INTEGRATED ISLAMIC SMP BUSTANUL ULUM TERBANGGI BESAR LAMPUNG CENTRAL By Dwi Anisya The role of Islamic religious education teachers is a top priority in shaping the character of students in schools. The teacher's role as an educator is a role model, role model, and character identified by students. The position as an educator requires teachers to equip themselves with quality individuals in the form of responsibility, authority, independence, and discipline. The data collection used the method of interview, observation and documentation. This research is a type of field research with a descriptive qualitative approach. While the data analysis method uses descriptive qualitative analysis, namely in the form of narratives or paragraphs and not in the form of numbers through the process of data collection, data reduction, and data display. Based on data analysis from the research results, it can be concluded that PAI teachers have roles as educators, counselors, facilitators, motivators. In cultivating the religious attitude of students at Terbanggi Besar Islamic Junior High School, Central Lampung, several religious activities were held, namely: For example greetings (Smile, greeting, greeting), providing motivation before the lesson started, providing examples, tadarus Al-Qur'an activities, reading Asmaul Husna and blessings of the prophet, and the Infaq Movement every Friday. Keywords : Islamic Religious Education Teacher, Religious Attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 07:38
Last Modified: 16 May 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28106

Actions (login required)

View Item View Item