HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN QUARTER LIFE CRISIS PADA MAHASISWA PERANTAU YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

Hanifah, Khairin Nisa (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN QUARTER LIFE CRISIS PADA MAHASISWA PERANTAU YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK HANIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Quarter Life Crisis pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Oleh : Hanifah Khairin Nisa Quarter life crisis adalah kebingungan masa depan setelah lulus kuliah. Masalah yang dihadapi berkisar pada kehidupan karir, pekerjaan, hubungan dengan keluarga dan lawan jenis. Adapun faktor yang di duga dapat mempengaruhi quarter life crisis ialah self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujua untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan quarter life crisis. Hipotetsis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara self efficacy dengan quarter life crisis pada mahasiswa perantau yang sedang menyusun skripsi, ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan quarter life crisis pada mahasiswa perantau yang sedang menyususn skripsi, ada hubungan antara self efficacy dan dukungan sosisalteman sebaya dengan quarter life crisis pada mahasiswa perantau yang sedang menyusun skripsi Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa anggota Ikam Lampung Barat sebanyak 80 anggota. Penelitian ini menggunaka metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala quarter life crisis, skala self efficacy, dan skala dukungan sosial teman sebaya. Skala quarter life crisis berjumlah 24 aitem dengan (α = 0,898), skala self efficacy berjumlah 17 aitem dengan (α = 0,885), skala dukungan sosial teman sebaya berjumlah 12 aitem denan (α = 0,877). Teknik analisis yang digunakan ialah analisis regresi berganda dua predictor dengan menggunakan alat bantu software SPSS. Hasil penelitian pertama adalah ada hubungan yang negatif signifikan antara self efficacy dengan quarter life crisiss pada mahasiswa perantau yang sedang menyusun skripsi dengan nilai (rx1y)=-0.415 sig 0.003 (p<0.01) dengan sumbang efektif sebesar 18.758%. Hipotesis kedua mendapatkan hasil adanya hubungan yang negatif signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan quarter life crisis pada mahasiswa perantau yang sedang menyusun skripsi dengan nilai (rx2y)=-0.346 sig. 0.014 (p<0.05) dengan sumbang efektif sebesar 13.424% hasil hipotesis yang ketiga ialah adanya hubungan antara self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan quarter life crisis pada mahasiswa merantau yang sedang menyusun skripsi dengan nilai R=0,657 dan nilai F= 11.150 dengan sig p < (0.01) dengan sumbang efektif sebesar 0,332. Kata kunci : quarter life crisis, self efficacy, dan dukungan sosial teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 07:27
Last Modified: 16 May 2023 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item