PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 7 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

ARIASTI , ZURIDA (2017) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 7 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 7 KOTABUMI LAMPUNG UTARA Oleh: Zurida Ariasti Perubahan kurikulum berbasis kompetensi merupakan salah satu strategi pembangunan pendidikan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam rangka mewujudkan kondisi tersebut pemerintah melalui Depatermen Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan pembaharuan dan inovasi dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah pembaharuan dan inovasi kurikulum, yakni lahirnya kurikulum 2013. Perubahan tersebut dilakukan sebagai perbaikan atau penyempurnaan dari kurikulum 2006 (KTSP). Lahirnya kurikulum 2013 bertujuan untuk menjawab tantangan dan pergeseran paradigma pembangunan dari abad ke20 menuju abad ke-21. Salah satu penyempurnaan dalam kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang sudah ada dalam kurikulum KTSP, namun dalam penerepannya belum maksimal sehingga pemerintah melakukan penyempurnaan terhadap penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Penilaian autentik menekankan pada aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dinilai melalui proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Kotabumi Lampung Utara”. “Apa saja teknik dan instrumen Penilaian Autentik yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Kotabumi Lampung Utara.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI di SMP negeri 7 Kotabumi Lampung Utara dan untuk mengetahui teknik Penilaian Autentik yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Guru PAI di SMP Negeri 7 Kotabumi lampung Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, interview, kuesioner dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui teknik observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan data skunder diperolah melalui teknik kuesioner. Untuk analisis data digunakan analisis kualitatif deskriptif. iii Hasil penelitian pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Kotabumi Lampung Utara menunjukan bahwa, guru PAI di SMP Negeri 7 Kotabumi mengetahui dan melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI dikelas IX. Teknik Penilaian autentik yang digunakan dalam menilai kompetensi sikap dikelas IX antara lain: teknik observasi, penilaian diri, dan jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Sedangkan penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian portofolio dan proyek. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa guru PAI di SMP Negeri 7 Kotabumi Lampung Utara dalam melaksanakan penilaian autentik di kelas IX sudah cukup maksimal, meskipun terdapat beberapa teknik yang tidak terlaksana dan tidak digunakan dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik selama proses dan akhir pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2810

Actions (login required)

View Item View Item