PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI TK TUNAS CERIA KEDATON BANDAR LAMPUNG

Jania, Winda Fera (2017) PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI TK TUNAS CERIA KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak usia dini merupakan masa yang sangat menentukan dalam pembentukan berbagai aspek perkembangan seperti kognitif, sosial emosional, fisik motorik dan bahasa. Pada dasarnya anak usia dini mempunyai potensi yang dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan anak, salah satu bidang pengembangan anak usia dini adalah bahasa. Bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan ide dan bertanya, bahasa juga menghasilkan konsep dan kategori-kategori untuk berfikir. Melihat betapa pentingnya mengembangkan kemampuan bahasa anak maka perlu memilih metode yang tepat. Rendahnya kemampuan bahasa anak dilihat dari kurang kreatifnya guru dalam menyajikan kegiatan belajar seraya bermain. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Tunas Ceria Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 anak, 18 anak perempuan dan 14 anak laki-laki di kelas B.1 TK Tunas Ceria Kedaton Bandar Lampung. Sedangkan objek penelitian ini adalah masalah yang diteliti, apakah penerapan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan bahasa anak di TK Tunas Ceria Kedaton Bandar Lampung. Teknik penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal bahasa anak, dari 32 anak di kelas B.1 yang memberikan hasil Belum Berkembang (BB) ada 15 anak (45%), Mulai Berkembang (MB) ada 9 anak (30%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 5 anak (15%) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) dapat diketahui ada 3 anak (10%). Pada pertemuan di Siklus I dari 32 anak di kelas B.1 yang memberikan hasil Belum Berkembang (BB) ada 6 anak (20%), Mulai Berkembang (MB) ada 5 anak (15%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 10 anak (30%) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) dapat diketahui ada 11 anak (35%). Sedangkan pada Siklus II peserta didik yang menunjukkan hasil Belum Berkembang (BB) ada 2 anak (5%), Mulai Berkembang (MB) ada 2 anak (5%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 3 anak (10%), Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 25 anak (80%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:31
Last Modified: 07 Mar 2017 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item