TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM TENTANG TRADISI TETAPOL DALAM PERKAWINAN ADAT LAMPUNG SAIBATIN DAN DAMP AKNYA TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi di Kabupaten Lampung Barat)

ANNISA, SARASWATI (2023) TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM TENTANG TRADISI TETAPOL DALAM PERKAWINAN ADAT LAMPUNG SAIBATIN DAN DAMP AKNYA TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi di Kabupaten Lampung Barat). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS (COVER BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of TESIS FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Tradisi tetapol pada masyarakat Kabupaten Lampung Barat adalah tradisi saling berkunjung antara kedua belah pihak keluarga perempuan dan keluarga pihak laki-laki setelah prosesi akad nikah. Tetapol ini dilakukan hanya untuk bersilaturahmi. Tradisi tetapol ini dilakukan apabila walimatul nikah sudah dilangsungkan. Jika acara bedu’a dilakukan di kediaman pihak perempuan maka pihak perempuan mengundang keluarga pihak laki-laki. Adapun dampak dari tradisi tetapol ini dalam keharmonisan keluarga yaitu dapat mempererat tali silaturahmi dan untuk pihak perempuan yang mengadakan walimatul nikah dengan melakukan acara bedu’a dan mengundang keluarga pihak laki-laki dengan ngusung puakhi (membawa keluarga). Permasalahan yang diamati dalam penelitian ini yaitu Bagaimana praktik tradisi tetapol yang mengharuskan membawa barang bawaan dalam perkawinan adat Lampung Saibatin di Kabupaten Lampung Barat dan dampaknya terhadap keharmonisan keluarga di Kabupaten Lampung Barat dan Bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang tradisi tetapol dalam perkawinan adat Lampung Saibatin di Kabupaten Lampung Barat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode menghasilkan data deskriptif. penelitian ini juga menggunakan pendekatan normatif dan sosiologi dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan lapangan maka kesimpulan dari penelitian ini adalah Tradisi tetapol ini adalah tradisi saling berkunjung dan dilakukan pada malam hari setelah 2 hari dari acara pernikahan. Tradisi tetapol pertama dilakukan oleh keluarga perempuan dengan diiringi oleh beberapa orang yang merupakan keluarga dan kerabat dekat. Tradisi tetapol ini ada suatu tangguhan yang berisi penyerahan pengantin dan mengenalkan keluarga masing-masing baik itu dari nama, tutogh, hingga tempat tinggal. Untuk melakukan tetapol ini pada zaman dahulu diharuskan membawa benatok namun sekarang tidak lagi dinamakan benatok melainkan peghatong yang merupakan pemberian dari keluarga untuk kedua pasangan. Dampak dari tradisi tetapol ini bisa mempererat tali silaturahmi dan juga dalam komunikasi bisa berjalan dengan baik karena ada proses saling mengenal keluarga satu sama lain dalam tetapol ini. Dampak lainnya yaitu dalam segi ekonomi kedua pasangan bisa dibantu oleh orang tua masing-masing jika ingin melakukan sesuatu seperti akan membuka usaha atau melakukan bisnis maka orang tua bisa membantu walaupun hanya sedikit.Tinjauan hukum Islam terhadap tradisi tetapol dalam perkawinan adat Lampung Saibatin di Kabupaten Lampung Barat sudah sesuai dengan hukum Islam dan sudah diatur dalam Al-Qur’an maupun Hadis. Hal ini dalam hukum Islam dikenal dalam Urf yang Shahih karena sudah memenuhi aturan yang berlaku. Kata Kunci: Tradisi Tetapol, Perkawinan dan Keharmonisan ABSTRACT The Tetapol tradition in the people of West Lampung Regency is the tradition of visiting each other between the two sides of the woman's family and the man's family after the marriage contract procession. Stayol is done just to stay in touch this tetapol tradition is carried out when walimatul marriage has taken place. If the bedu'a event is held at the residence of the woman, the woman invites the man's family. As for the impact of this tradition on family harmony, namely that it can strengthen ties of friendship and for women who hold walimatul marriage by conducting bedu'a events and inviting the male side's family to carry the puakhi (bringing the family). The problems observed in this study are related to the tetapol tradition in Lampung Saibatin traditional marriages in West Lampung Regency, the impact of the tetapol tradition in West Lampung Regencyfamily harmony in West Lampung Regency and a review of Islamic law regarding the tetapol tradition in Lampung Saibatin traditional marriages in West Lampung Regency. The method used is a qualitative method that is a method of producing descriptive data. This research also uses normative and sociological approaches with descriptive methods. Researchers used data collection including: observation, interviews, and documentation. Based on the field findings, the conclusion of this study is that this tradition is a tradition of visiting each other and is carried out at night after 2 days of the weddingThe first tetapol tradition is carried out by the woman's family accompanied by several people who are family and close relatives. In this tradition, there is a postponement which contains the handover of the bride and groom and introduces each family, from name, tutogh, to place of residence. To do this, in ancient times you had to bring benatok, but now it is no longer called benatok, but peghatong, which is a gift from the family for both partners a review of Islamic law on the statutory tradition in the Lampung Saibatin traditional marriage in West Lampung Regency is in accordance with Islamic law and has been regulated in the Al-Qur'an and Hadith. Another impact is that in terms of the economy, both partners can be assisted by their respective parents. If they want to do something, such as opening a business or doing business, parents can help, even if only a little. In Islamic law, this is known as an authentic Urf because it complies with applicable regulations the impact of this tapioca tradition can strengthen ties of friendship and also communication can run well because there is a process of getting to know each other's families in this statutory. Key words: Tetapol Tradition, Marriage and Harmony. الملخص ذقيٍذ ذٍرات٘ه فً شؼة ؿشب الٍثّ٘ط سٌعْسً ٕ٘ ذقيٍذ صٌاسج تؼضٌٖ اىثؼض تٍِ ظاّثً األسشج األّصٌ٘ح ٗاألسشج اىزم٘سٌح تؼذ ٍ٘مة ؼفو اىضفاف. ىنِ ٕزٓ اىسٍاسح ذرٌ فقظ ىيثقاء ػيى اذصاه. ال ٌضاه ٕزا اىرقيٍذ ٌَاسط ػْذٍا ذٌ ػقذ ٗىٍَاذ٘ه ّناغ. إرا ذٌ ػقذ ؼذز اىثذٗا فً ٍْضه اىَشأج ، فئُ اىَشأج ذذػ٘ ػائيح اىشظو. ذأشٍش ٕزا اىرقيٍذ ذٍرث٘ه فً اى٘ئاً األسشي ٕ٘ ذؼضٌض اىؼالقح ٗتاىْسثح ىيْساء اىزٌِ ٌؽَيُ٘ ٗىٍَاذ٘ه ّناغ ٍِ خاله إظشاء األؼذاز تذٗا ٗدػ٘ج األسش اىؽضب اىزم٘س ٍغ ّـ٘سّ٘ؾ ت٘اخً )ظية األسشج(. ذشذثظ اىَشامو اىرً ى٘ؼظد فً ٕزٓ اىذساسح ترقيٍذ اىثقاء فً اىضٗاض اىرقيٍذي الٍثّ٘ط ساٌثاذٍِ فً ؿشب الٍثّ٘ط سٌعْسً, ذأشٍش ذقيٍذ اىثقاء فً ٗئاً ػائيً فً ؿشب الٍثّ٘ط سٌعْسً ٍٗشاظؼح اىششٌؼح اإلسالٍٍح ؼ٘ه ذقيٍذ اىثقاء فً اىضٗاض اىرقيٍذي الٍثّ٘ط ساٌثاذٍِ فً ؿشب الٍثّ٘ط سٌعْسً. اىطشٌقح اىَسرخذٍح ًٕ طشٌقح ّ٘ػٍح ًٕ طشٌقح ىر٘ىٍذ اىثٍاّاخ اى٘صفٍح. ٌسرخذً ٕزا اىثؽس أٌضا اىْٖط اىَؼٍاسي ٗػيٌ االظرَاع ٍغ طشٌقح ٗصفٍح. ٌسرخذً اىثاؼصُ٘ ظَغ اىثٍاّاخ ٍا ٌيً: اىَالؼظح ٗاىَقاتالخ ٗاىر٘شٍق. تْاء ػيى ّرائط ٕزا اىَعاه ، فئُ اسرْراض ٕزٓ اىذساسح ٕ٘ ذقيٍذ ٕزا اىرٍرث٘ه ٕ٘ ذقيٍذ صٌاسج تؼضٌٖ اىثؼض ٌٗرٌ رىل فً اىيٍو تؼذ أٌاً 2 ٍِ ؼفو اىضفاف. ذٌ ذْفٍز ذقيٍذ ذٍرات٘ه األٗه ٍِ قثو ػائيح أّصى تشفقح اىؼذٌذ ٍِ األشخاص اىزٌِ ماّ٘ا ٍِ اىؼائيح ٗاألقاسب اىَقشتٍِ. ٕزا اىرقيٍذ ٕ٘ ػَو ٍؤظو ٌؽر٘ي ػيى ذقذٌٌ اىؼشٗط ٗإدخاه ػائالخ تؼضٌٖ اىثؼض ٍِ االسٌ ، ذ٘ذ٘ؽ ، إىى ٍناُ اإلقاٍح. ىيقٍاً تزىل ، ماُ ٍطي٘تا ٍِ اىششطح فً اىؼص٘س اىقذٌَح إؼضاس تٍْاذ٘ك ٗىنِ اَُ ىٌ ٌؼذ ٌطيق ػيٍٖا تٍْاذ٘ك ٗىنِ تٍـاذّ٘ؾ ًٕٗ ٕذٌح ٍِ األسشج ىنال اىضٗظٍِ. ٍشاظؼح اىششٌؼح اإلسالٍٍح ىرقيٍذ اىرٍرات٘ه فً اىضٗاض اىرقيٍذي الٍثّ٘ط ساٌثاذٍِ فً ؿشب الٍثّ٘ط سٌعْسً ٌر٘افق ٍغ اىششٌؼح اإلسالٍٍح ٗقذ ذٌ ذؽذٌذٓ فً اىقشآُ ٗاىؽذٌس. ٕزا فً اىششٌؼح اإلسالٍٍح ٍؼشٗف فً صؽٍػ أٗسف ألّٔ ٌفً تاىق٘اػذ اىَؼَ٘ه تٖا. ٌَنِ ىرأشٍش ٕزا اىرقيٍذ اىسٍاسً أُ ٌق٘ي اىؼالقح ٗأٌضا فً اىر٘اصو ٌَنِ أُ ٌسٍش ػيى ٍا ٌشاً ألُ ْٕاك ػَيٍح ىيرؼشف ػيى ػائالخ تؼضْا اىثؼض فً ٕزا اىسٍاسً. ذأشٍش آخش ٕ٘ أّٔ ٍِ ؼٍس االقرصاد ٌَنِ ٍساػذج مال اىششٌنٍِ ٍِ قثو ٗاىذٌٌٖ إرا ماّ٘ا ٌشٌذُٗ اىقٍاً تشًء ٍصو فرػ ٍششٗع ذعاسي أٗ ٍَاسسح األػَاه اىرعاسٌح ، فٍَنِ ىي٘اىذٌِ اىَساػذج ؼرى ى٘ ماُ رىل قيٍال الكلمات المفتاحية: التقاليد السياسية والزواج والوئام

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 06:30
Last Modified: 16 May 2023 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item View Item