IMPLEMENTASI PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA HIMPUN PEMEKONAN (LHP) GUNA MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada LHP Pekon Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat)

Dedi, Herwanto (2023) IMPLEMENTASI PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA HIMPUN PEMEKONAN (LHP) GUNA MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada LHP Pekon Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Dedi Herwanto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Pekon dalam menjalankan tugas dibantu oleh perangkat Pekon dan dibantu oleh lembaga kemasyarakatan di Pekon.Perangkat Pekon yakni sekretaris Pekon dan Lembaga Himpun Pemekonan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah. LHP berfungsi menetapkan Peraturan desa bersama kepala Pekon menyalurkan aspirasi masyarakat serta pengawasan.Peran dan fungsi LHP dalam pembangunan yakni pembuatan perencanaan bersama pemerintahan Pekon lembaga yang mengawasi jalannya peraturan Pekon dan memberikan jalan bagi pemerintah Pekon dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran dan fungsi lembaga Himpun pekon di pekon Padang Tamba kabupaten Lampung Barat telah berjalan dalam mensejahterakan masyarakat desa namun belum semaksimal mungkin. Rumusan Masalah dari penelitian ini yakni bagaimana implementasi peran dan fungsi Lembaga Himpun Pekon (LHP) Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat dalam mensejahterakan masyarakat desa? serta bagaimana prespektif Fiqh Siyasah terhadap implementasi peran dan fungsi Lembaga Himpun Pekon (LHP) Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat dalam mensejahterakan masyarakat desa?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi peran dan fungsi Lembaga Himpun Pekon (LHP) Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat dalam mensejahterakan masyarakat desa dan untuk mengetahui prespektif Fiqh Siyasah terhadap implementasi peran dan fungsi Lembaga Himpun Pekon (LHP) Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat dalam mensejahterakan masyarakat desa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reaserch). Sifat penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif analisis yakni mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi peran dan fungsi Lembaga Himpun Pekon (LHP) Padang Tambak Kabupaten Lampung Barat dalam mensejahterakan masyarakat desa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, Implementasi Peran Dan Fungsi Lembaga Himpun Pekon (LHP) Guna Mensejahterakan Masyarakat Desa telah berjalan dengan baik. Hubungan komunikasi yang baik serta kerjasama dan keterbukaan pemerintah desa dalam menjalankan tugasnya bersama dengan LHP dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Walaupun selisih pendapat masih terjadi anatara Pemerintah Pekon dan LPH. Kedua, Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Peran Dan Fungsi Lembaga Himpun Pekon (LHP) Guna Mensejahterakan Masyarakat Desa Lembaga Himpun Pemekonan di Padang Tambak termasuk ke dalam Fiqh Siyasah Idariyah. Dalam menyampaikan amanahnya dan tugasnya kepada masyarakat desa sudah optimal di jalankan. Penyampaian amanah dalam mengungkapkan aspirasi masyarakat telah sesuai dengan Q.S An-Nisa Ayat 58. LHP dengan Pemerintah Pekon telah bekerja sama dengan baik demi kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 04:43
Last Modified: 16 May 2023 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item View Item