PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 1 PRINGSEWU

Sidiq Wahid , Jafar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 1 PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 1 PRINGSEWU Oleh Jafar Sidiq Wahid Kemampuan pemahaman konsep matematis kemampuan berpikir yang meliputi kemampuan untuk membedakan, menjelaskan, memperkirakan, menafsirkan, memberikan contoh, menghubungkan, dan mendemonstrasikan. Kemampuan awal matematis adalah kemampuan pengetahuan mula-mula yang harus dimiliki seorang siswa yang merupakan prasyarat untuk mempelajari pelajaran yang lebih lanjut. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa VIII MTs N 1 Pringsewu masih rendah, maka penting bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan awal matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) berbasis lesson study terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design (desain eksperimen semu) dengan rancangan penelitian faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 1 Pringsewu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan awal matematis dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa soal dengan uraian, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis dengan taraf signifikan 5 % diperoleh Fa = 9,650 > Ftabel = 3,998 sehingga H0A ditolak, Fb = 5,430 > Ftabel = 3,148 sehingga H0B ditolak, dan Fab= 1,500 < Ftabel = 3,148 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh model Contextual teaching and learning (CTL) dan Contextual teaching and learning (CTL) berbasis lesson study terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, (2) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik (3) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampu an pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lesson Study, Kemampuan Awal Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item