PENGEMBANGAN USAHA PENGRAJIN BATIK TULIS TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengrajin Batik Tulis Deandra Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung)

Emi, Ristiani (2023) PENGEMBANGAN USAHA PENGRAJIN BATIK TULIS TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengrajin Batik Tulis Deandra Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI EMI RISTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi suatu hal yang sangat berpengaruh, mengingat UMKM memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan ekonomi negara termasuk Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan UMKM yang tahan terhadap berbagai krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia dan negara lainnya. Kegiatan UMKM memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usahanya dalam merekrut tenaga kerja. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya yaitu kurangnya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan karyawan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengembangan usaha pengrajin batik tulis Deandra yang beralamatkan di Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung terhadap peningkatan pendapatan karyawan dan untuk mengetahui pengembangan usaha pengrajin batik tulis terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam. Data dalam penelitian ini bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan owner dan juga karyawan. Data yang dihasilkan diolah menggunakan metode kualitatif yang memusatkan kepada permasalahan yang terjadi saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha yang dilakukan batik tulis Deandra yakni faktor modal, tenaga kerja, pemasaran dan promosi penjualan (marketing mix). Dengan faktor pengembangan tersebut dapat meningkatkan omset penjualan yang mampu memperluas tempat produksi dan melakukan inovasi produk. Meskipun batik tulis Deandra sudah memiliki omset penjualan yang cukup tinggi tetapi usaha ini belum bisa memberikan upah sesuai dengan ketetapan UMR Kota Bandar Lampung. Karena sistem pengupahan menggunakan sistem berdasarkan kinerja karyawan. Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Pendapatan Karyawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 03:43
Last Modified: 16 May 2023 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28087

Actions (login required)

View Item View Item