ANALISIS PENGGUNAAN PEMBAYARAN SHOPEEPAY LATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KARYAWAN PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI UNIT MEKAAR CABANG SRAGI DITINJAU DALAM PERSEKTIF EKONOMI ISLAM

DINI, INTAN VERONICA (2023) ANALISIS PENGGUNAAN PEMBAYARAN SHOPEEPAY LATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KARYAWAN PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI UNIT MEKAAR CABANG SRAGI DITINJAU DALAM PERSEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINI INTAN V.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini aktivitas perdagangan banyak dilakukan dengan menggunakan teknologi. Aktivitas jual beli dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan jangka waktu yang tidak terbatas. Seperti hal nya shopee, Shopee tidak hanya memudahkan berbelanja, namun Shopee juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi saat berbelanja, salah satunya dengan metode pembayaran menggunakan ShopeePay Later. tidak sedikit pembelian yang di lakukan oleh konsumen yang dipengaruhi oleh pembayaran melalui ShopeePay Later. Kegiatan mengonsumsi ini dilakukan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Namun banyak individu yang selalu mencari kepuasan dengan cara mengonsumsi barang yang bukan kebutuhannya melainkan untuk memenuhi keinginannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pola perilaku konsumsi Karyawan PNM Mekaar Cabang Sragi sebagai pengguna ShopeePay Later, Bagaimana pola perilaku konsumsi Karyawan PNM Mekaar Cabang Sragi sebagai pengguna ShopeePay Later dalam Perspektif Ekonomi Islam, Bagaimana pandangan Ekonomi Islam mengenai praktik jual beli secara kredit atau paylater pada marketplace shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah perilaku konsumsi pada karyawan PNM Mekaar Cabang Sragi yang menggunakan Fitur ShopeePay Later untuk berbelanja masih cukup tinggi, akan tetapi konsumsi pada karyawan PNM Mekaar Cabang Sragi berkurang dimana dampak yang dirasakan dari penggunaan ShopeePay Later seperti sulit dalam mengatur keuangannya dan menimbulkan rasa ketergantungan. Perilaku konsumtif karyawan PNM Mekaar Cabang Sragi dalam penelitian ini menunjukkan belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip konsumsi ekonomi Islam. Hal ini terlihat dari sebagian besar karyawan PNM Mekaar Cabang Sragi yang terdorong untuk menggunakan fitur PayLater dalam memenuhi status sosial maupun gaya hidup nya sehingga menyebabkan karyawan PNM Mekaar Cabang Sragi berperilaku konsumtif. Dalam ekonomi Islam kebutuhan iv harus berorientasi pada kebutuhan yang rasional dan positif yang sesuai dengan syariat-syariat Islam. Tinjauan ekonomi Islam pada praktik penggunaan ShopeePay Later belum sesuai dengan tuntutan syariah. Dalam praktik transaksi penggunaan ShopeePay Later terdapat unsur-unsur yang tidak sesuai dengan ekonomi Islam baik dari prinsip ketauhidan, keadilan, saling tolong menolong, dan maslahat. Kata Kunci : ShopeePay Later, Prilaku Konsumtif, Ekonomi Islam. v ABSTRACT Currently, many trading activities are carried out using technology. Buying and selling activities can be done anywhere and anytime with an unlimited period of time. Like shopee, Shopee not only makes it easy to shop, but Shopee also makes it easy to make transactions when shopping, one of which is the payment method using ShopeePay Later. not a few purchases are made by consumers who are affected by payments through ShopeePay Later. This consuming activity is carried out by humans in order to fulfill their daily needs. However, many individuals are always looking for satisfaction by consuming goods that are not what they need but to fulfill their desires. The formulation of the problem in this study is what are the consumption behavior patterns of PNM Mekaar Employees of the Sragi Branch as ShopeePay Later users, What are the consumption behavior patterns of PNM Mekaar Sragi Branch employees as ShopeePay Later users in an Islamic Economic Perspective, What are the views of Islamic Economics regarding the practice of buying and selling on credit or paylater on marketplace shopee. This study uses a qualitative descriptive research method, the data collection method comes from observation, interviews and documentation. The results of this study are that the consumption behavior of PNM Mekaar Sragi Branch employees who use the ShopeePay Later Feature for shopping is still quite high, but consumption among PNM Mekaar Sragi Branch employees is reduced where the perceived impact of using ShopeePay Later is that it is difficult to manage their finances and creates a feeling of dependency. The consumptive behavior of PNM Mekaar employees in the Sragi branch in this study shows that it is not fully in accordance with the consumption principles of Islamic economics. This can be seen from the majority of PNM Mekaar Sragi Branch employees who are encouraged to use the PayLater feature to fulfill their social status and lifestyle, causing PNM Mekaar Sragi Branch employees to behave consumptively. In Islamic economics needs must be oriented towards rational and positive needs that are in accordance with Islamic law. An Islamic vi economic review on the practice of using ShopeePay Later is not in accordance with sharia demands. In the practice of transactions using ShopeePay Later there are elements that are not in accordance with Islamic economics both from the principles of monotheism, justice, mutual help, and benefit. Keywords: ShopeePay Later, Consumptive Behavior, Islamic Economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 03:04
Last Modified: 16 May 2023 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28082

Actions (login required)

View Item View Item