ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK, DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi pada UMKM di Kota Bandar Lampung Tahun 2019-2020)

RIRI, SEPTYANINGRUM PUTRI (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK, DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi pada UMKM di Kota Bandar Lampung Tahun 2019-2020). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of TESIS RIRI SEPTIANINGRUM PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar´┐Żbesarnya kemakmuran rakyat. Pajak menekankan pada unsur pemaksaan dalam pemungutannya. Hal tersebut dikarenakan apabila Wajib Pajak tidak melakukan pembayaran pajak maka akan dikenakan sanksi atau denda. Kepatuhan masyarakat terhadap pajak sangat dipengaruhi oleh kesadaran masyarakatnya. kepatuhan wajib pajak juga tergantung pada bagaimana petugas fiskus (Petugas yang bertugas mengurus dan menarik pajak) memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada wajib pajak yang sedang dan ingin memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak. selain itu kepatuhan pajak bisa dilihat dari religiusitas seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan, sanksi pajak dan kesadaran pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dan apakah religiusitas mampu memoderasi antara kualitas pelayanan, sanksi pajak dan kesadaran pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, sanksi pajak dan kesadaran pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dan apakah religiusitas mampu memoderasi antara kualitas pelayanan, sanksi pajak dan kesadaran pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis dan sumber data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data wawancana, kuesioner dan dokumentasi. Variabel dalam peneltian ini adalah Kualitas Pelayanan, (X1), Sanksi Pajak (X2), Kesadaran Pajak (X2), Religiusitas (M) dan Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah UMKM di Kota Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 pelaku UMKM yang di pilih menggunakan teknik random sampling dengan menentukan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukan: 1) Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Bandar Lampung. 2) Variabel sanksi pajak berpengaruh secara negatif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Bandar Lampung. 3) Variabel kesadaran pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Bandar Lampung. 4) Variabel iii religiuisitas tidak mampu memoderasi variabel kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Bandar Lampung. 5) Variabel religiuisitas tidak mampu memoderasi variabel sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Bandar Lampung. 6) Variabel religiuisitas mampu memoderasi variabel kesadaran pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kesadaran Pajak, Religiusitas, Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2023 06:35
Last Modified: 15 May 2023 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item View Item