TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HADHANAH ANAK YANG TIDAK DIASUH OLEH AYAH DIKARENAKAN IBU TELAH MENINGGAL (Studi Kasus Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara)

NANDA, EXCEL (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HADHANAH ANAK YANG TIDAK DIASUH OLEH AYAH DIKARENAKAN IBU TELAH MENINGGAL (Studi Kasus Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NANDA EXCEL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan beberapa anak yang ditinggal pergi oleh ayahnya dan tidak mau mengasuh anaknya sendiri, sehingga membuat anak tersebut kehilangan kasih sayang dari ayahnya, serta tidak memberikan nafkah dan meninggalkan anak�anaknya begitu saja, beberapa anak tersebut dirawat oleh pengasuh mereka masing-masing dari keluarga ibu mereka. Penelitian menggunakan teori hadhanah dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini mengamati beberapa anak yang tidak di asuh oleh ayahnya sehingga tanggung jawab hadhanah tidak terbayarkan kepada anak-anak tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat penelitian lapangan (field research). penelitian ini mengangkat data, informasi dan permasalahan yang ada dilapangan dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dan dilengkapi oleh data sekunder. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir deskritif dan data yang diperoleh langsung dari objek penelitian yaitu tentang tinjauan hukum Islam terhadap hadhanah anak yang tidak diasuh oleh ayah dikarenakan ibu telah meninggal. Studi Kasus Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Hasil penelitian menunjukan beberapa kasus yang diteliti ayah tidak mengasuh anaknya dikarenakan ayahnya melakukan pernikahan lagi, namun salah satu kasus menunjukan ayah tidak mengasuh anaknya dikarenakan menikah lagi dan memiliki keluarga baru yang seagama dengan istri barunya, karena sebelumnya ayah dari anak tersebut menikah dengan ibu dari anak yang berbeda agama, sehingga hal tersebut menjadi kendala untuk menunaikan hadhanah kepada anaknya, maka hal seperti ini yang mengakibatkan ayah melupakan kewajiban atas hadhanah anaknya serta kurangnya pengetahuan mengenai hadhanah anak. Kemudian menurut tinjauan hukum Islam kasus yang terjadi di Kelurahan Sribasuki sudah diasuh dengan baik dan benar oleh pihak pengasuh, tetapi fakta dilapangan hal tersebut belum sesuai dengan hukum Islam karena sebenarnya anak tersebut tidak mendapat hak hadhanah mengenai tanggung jawab biaya hadhanah dari ayahnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2023 03:57
Last Modified: 15 May 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28073

Actions (login required)

View Item View Item