UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NUSANTARA GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

NOVRIYANTO , SAHRIL (2017) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NUSANTARA GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NUSANTARA GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN Oleh: SAHRIL NOVRIYANTO NPM : 1211030088 Kemampuan kepala sekolah dalam memimpin sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Implementasi pendidikan karakter merupakan suatu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter pada sekolah SMP Nusantara Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian yang difokuskan pada karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru dan komite di sekolah SMP Nusantara Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikannya daam kehidupannya sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Dalam pendidikan karakter terdapat 18 nilai-nilai yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menyusun program dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Implementasi program peningkatan pendidikan karakterdengan cara mewajibkan semua guru bidang studi untuk membuat perangkat pembelajaran seduai dengan kurikulum yang terbaru, menyesuaikan perkembangan buku pegangan guru bidang studi. Kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalah mengimplementasikan pendidikan karakter masih ada guru yang menggunakan gaya lama dalam belajar baik menggunakan metode, alat dan media. Juga guru tidak berani mengemukakan keinginan serta kekurangannya dalam pembelajaran. Kata kunci: Upaya Kepala Sekolah, dan Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item View Item