INOVASI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI PENGADILAN AGAMA TANJUNG KARANG KELAS IA

FADEL, MOHAMAD WIBISANA (2023) INOVASI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI PENGADILAN AGAMA TANJUNG KARANG KELAS IA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FADEL MOHAMAD WIBISANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu upaya mewujudkan Good Governance adalah memberikan pelayanan publik yang berkualitas, terukur serta senantiasa memperhatikan tuntutan dan dinamika masyarakat yang berada dalam euphoria reformasi, demokratis, desentralisasi, otonomi daerah dan penegakan Hak Asasi Manusia termasuk antisipasi terhadap kemajuan IPTEK. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu Bagaimanakah inovasi manajemen pelayanan publik dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA dan apa sajakah hambatan dalam pelaksanaan inovasi manajemen pelayanan publik di Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui inovasi manajemen pelayanan publik dan hambatan dalam pelaksanaan inovasi manajemen pelayanan publik di Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dan disimpulkan dengan menggunakan cara berfikir induktif, yaitu dari rangkaian yang bersifat khusus yang diambil dari individu kemudian ditarik pada yang bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang cepat, sederhana dan biaya yang ringan dengan hadirnya berbagai Inovasi Manajemen Pelayanan Publik. Simpulan penelitian ini inovasi pelayanan publik berbasis e�government pada Kantor Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA dalam pelaksanaan inovasi tersebut sudah berjalan namun belum optimal dan hambatan yang dialami yakni sebagian masyarakat masih ada yang tidak memiliki smartphone dan masih kurangnya edukasi terkait perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, sehingga masyarakat terkadang masih memilih melakukan kegiatan administrasi secara manual. Saran yang penulisan berikan yaitu Diharapkan Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA untuk selalu mengadakan sosialisasi dan evaluasi kinerja pegawai, salah satunya bagi pegawai IT dan administrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pegawai. Kata kunci: Inovasi; Manajemen Pelayanan Publik; iii ABSTRACT One of the efforts to achieve good governance is to provide quality public services that are measurable and always pay attention to the demands and dynamics of society who are in the euphoria of reform, democracy, decentralization, regional autonomy and upholding human rights, including anticipation of advances in science and technology. The problem in this thesis is how are public service management innovations in improving service quality at the Tanjung Karang Class IA Religious Court and what are the obstacles in implementing public service management innovations at the Tanjung Karang Class IA Religious Court. The purpose of this study was to determine public service management innovations and obstacles in implementing public service management innovations at the Tanjung Karang Class IA Religious Court. The research method uses qualitative methods with a qualitative approach obtained through observation, interviews and documentation. Then the data is analyzed and concluded using an inductive way of thinking, namely from a series of specific characteristics taken from individuals and then drawn to general ones. Based on the research results, it is known that the Tanjung Karang Class IA Religious Court makes every effort to provide fast, simple and low-cost services with the presence of various Public Service Management Innovations. The conclusions of this study are e�government-based public service innovations at the Tanjung Karang Class IA Religious Court Office in the implementation of these innovations that have been running but not optimal and the obstacles experienced are that some people still do not have smartphones and there is still a lack of education regarding existing technological developments in At this time, people sometimes still choose to carry out administrative activities manually. The advice that the writer gives is that it is expected that the Class IA Tanjung Karang Religious Court will always conduct socialization and evaluation of employee performance, one of which is for IT and administration employees which aims to improve the quality and competence of employees. Keywords: Innovation; Public Service Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 May 2023 03:51
Last Modified: 12 May 2023 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28059

Actions (login required)

View Item View Item