MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN GOTONG ROYONG DI TK PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG

Veny, Marsela (2023) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN GOTONG ROYONG DI TK PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPS CETAK VENY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anak usia dini merupakan usia golden age, dimana proses perkembangannya perlu diperhatikan. Salah satu perkembangannya adalah perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tingkat perkembangan sosial emosional anak dapat diidentifikasi melalui kegiatan gotong royong. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan gotong royong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak PAUD yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan gotong royong dan perkembangan sosial emosional anak. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa kegiatan gotong royong dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini . Peningkatan dapat dilihat pada data pra penelitian dari 10 anak yang berkembang sesuai harapan belum ada, setelah melakukan tindakan pada siklus I berkembang sesuai harapan ada 4 anak (40%) , pada siklus II yang berkembang sesuai harapan ada 8 anak (80 %) . Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi standar keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu anak yang berkembang sesuai harapan mencapai 75 % dari keseluruhan peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional anak dengan kegiatan gotong royong dari pra siklus, siklus I dan siklus II meningkat. Sehingga kegiatan gotong royong dapat dijadikan alternatif kegiatan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Gotong Royong, Perkembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2023 07:22
Last Modified: 11 May 2023 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28054

Actions (login required)

View Item View Item