IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Nurhamidah, Jaswandi Azmi Chaniago (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, BAB 5, LAMPIRAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan di Indonesia saat ini ditangani oleh dua Kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyelenggarakan sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK dan Kementerian Agama (Kemenag) yang menyelenggarakan madrasah (MI, MTS, MAN) serta Pondok Pesantren. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini mengenai Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru PAI di SMAN 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, untuk mendeskripsikan pelaksanaan yang akan dilakukan oleh guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, dan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menganalisis serta menguraikan fakta-fakta yang telah tersedia saat melaksanakan penelitian dimana fakta tersebut telah tersusun secara sistematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menafsirkan hal-hal yang sedang terjadi di lingkungan responden sehingga peneliti dengan mudah untuk menggambarkan dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan rumusan masalah tersebut. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data yang peneliti gunakan dapat terbagi menjadi tiga, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga tahapan dalam Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara diantaranya: 1) Perencanaan sebuah rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, metode dan media pembelajaran yang diterapkan berdasarkan Kurikulum yang berlaku di sekolah, yaitu Kurikulum 2013. Sekolah saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama kepada peserta didik agar dapat menciptakan sekolah yang berbasis religius untuk kedepannya; 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam terdiri atas tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 3) Tahap evaluasi atau tahap akhir yaitu proses pembelajaran yang telah dirancang dalam program RPP dalam tiap iii tahunnya. Evaluasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam mencakup tiga aspek penilaian, diantaranya adalah penilaian aspek pengetahuan yang berupa tugas tertulis, tugas lisan, dan tugas praktik. Penilaian aspek keterampilan yaitu kreativitas peserta didik dalam menyesuaikan atau menyelesaikan tugas yang diberikan. Dan penilaian aspek sikap yaitu penilaian tingkah laku peserta didik saat sedang menyimak, bertanya, dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti uraikan diatas maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara harus lebih fokus pada tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hal ini dikarenakan agar proses pembelajaran pendidikan agama Islam dapat terus meningkat dan membentuk peserta didik yang berprestasi serta berkepribadian religius untuk kedepannya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan dalam melaksanakan pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SMAN 3 Kotabumi. iv ABSTRACT Education in Indonesia is currently handled by two Ministries, namely the Ministry of Education and Culture, wich organizes schools like Elementary School, Junior High School, Senior High School or Vocational School. And the Ministry of Religion, wich manages Madrasas like as Islamic Elementary School, Islamic Junior High School, Islamic Senior High School, and Islamic Boarding Schools. This study will discuss the main issues regarding Implementing Islamic Religious Education Learning at Senior high school number 3 Kotabumi North Lampung Regency. The goal to be achieved by the researcher is to describe the implementation plan for learning Islamic Religious Education carried out set by Islamic religion teachers at Senior high school number 3 Kotabumi, North Lampung Regency, to describe the implementation that set by Islamic religion teachers will carry out in learning Islamic Religious Education, and to describe the learning evaluation applied set by Islamic religion teachers in learning Islamic Religious Education at Senior high school number 3 Kotabumi, North Lampung Regency. This research uses a descriptive qualitative research method, wich analyzes and describes the facts available when carrying out the research where these facts have been arranged systematically. This study aims to find out and interpret things happening in the respondent‟s environment so that researchers can easily describe and collect data related to the formulation of the problem. Researchers use data collection techniques in this study: observation, interviews, and documentation. Meanwhile, the data analysis techniques researchers use can be divided into three: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The result of this study indicate that there are three stages in the Implementation of Islamic Religious Edycation Learning at Senior high school Number 3 Kotabumi, North Lampung Regency, including: 1) Planning a lesson plan (RPP), syllabus, learning methods, and media that are applied based on the applicable curriculum in schools, namely Curriculum 2013. The school is currently trying to improve the quality of religious education for students to create religious-based schools for the future; 2) The implementation stage of Islamic religious education learning consists of three activities, namely preliminary activities, core activities, and closing activities; 3) The evaluation stage or the final stage is the learning process that has been designed in the lesson plan program every year. Evaluation in Islamic religious education subjects includes three aspects of assessment, the assessment of knowledge aspects in the v form of written assignments, oral assignments, and practical assignments�evaluation of the skill aspect, namely students creativity in adjusting or completing the assigned tasks. And the assessment of the attitude aspect is the assessment of student‟s behavior while listening, asking questions, and doing assignments given by the teacher. Based on the research results described above, it can be concluded that the implementation of Islamic religious education learning at senior high school number 3 Kotabumi, North Lampung Regency, must focus more on three stages, namely the planning stage, the implementation stage, and the evaluation stage. This is because the learning process of Islamic religious education can continue to increase and form students who excel and have religious personalities for the future. This research is expected to be used as input and material for consideration in implementing education to improve the quality of Islamic Religious Education. Keywords : Implementation, Learning, Islamic Religious Education, Senior High School Number 3 Kotabumi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2023 07:07
Last Modified: 11 May 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28052

Actions (login required)

View Item View Item