PENGARUH PERSEPSI, LOKASI, PROMOSI, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT PURALAKSANA KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT)

MUHAMMAD, IQBAL ARIFIN (2023) PENGARUH PERSEPSI, LOKASI, PROMOSI, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT PURALAKSANA KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I  II  V  Dafpus_Perpustakaan Pusat.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M IQBAL ARIFIN FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan perkembangan zaman, masyarakat sudah mulai menyimpan uangnya di bank. Hal ini tentunya beralasan pada keamanan. Namun dalam kehidupan sehari-hari minat menabung masyarakat di bank syariah masih kurang hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti presepsi, lokasi, promosi, dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh presepsi, lokasi, promosi, dan pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat puralaksan di bank syariah, dengan menggunakan teori floating market. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh presepesi, lokasi, promosi, dan pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat pekon Puralkasana secara parsial dan simultan?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data nya adalah menggunakan regresi linear berganda Populasi yang digunakan yaitu seluruh masyarakat pekon Puralaksan,Way Tenong, dengan penetapan sampel menggunakan metode purposive sampling. Diperoleh 35 masyarakat yang menjadi sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan regresi sederhana. Data diperoleh melalui primer yaitu menyebar kuisioner kepada masyarakat yang dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial presepsi, lokasi, promosi, dan pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik tingkat presepsi yang dimiliki masyarakat akan memberikan pola pikir yang baik juga terhadap bank syariah sehingga akan manabung pada bank syariah. Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dapat dijadikan pertimbangan masyarakat dalam menabung dibank syariah. Dan promosi yang dilakukan dengan baik oleh bank serta pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat mengenai bank syariah akan berpengaruh kepada ketertarikan masyarakat dalam menabung dibank syariah. Selanjutnya secara simultan variabel presepsi, lokasi, promosi, dan pengetahuan berpengaruh positif dan signfikan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Berdasarkan presepektif ekonomi Islam didasarkan pada anjuran untuk tidak boros dan senantiasa menabung. Karena suatu pemborosan adalah hal yang sangat ingkar terhadap Allah SWT. Kata Kunci : Presepsi, Lokasi, Promosi, dan Pengetahuan ABSTRACT Based on the times, people have started saving their money in banks. This is of course based on security. However, in everyday life people's interest in saving in Islamic banks is still lacking, this is caused by several factors such as perception, location, promotion, and knowledge. This study aims to determine the effect of perception, location, promotion, and knowledge on the intention to save in the Puralaksan community in Islamic banks, using the floating market theory. The formulation of the problem in this study is how is the influence of perception, location, promotion, and knowledge on the intention to save in the Puralkasana community partially and simultaneously? The research method used is a quantitative method with a descriptive approach. The data analysis technique is using multiple linear regression. The population used is the entire village community of Puralaksan, Way Tenong, with the determination of the sample using the purposive sampling method. Obtained 35 people who became the research sample. Methods of data analysis using simple regression. The data was obtained through primary, namely distributing questionnaires to the people who were used as research samples. The results showed that partially perception, location, promotion, and knowledge had a positive and significant effect. This shows that the better the level of perception held by the public will also provide a good mindset towards Islamic banks so that they will save in Islamic banks. A strategic and easy-to-reach location can be taken into consideration by the community in saving in Islamic banks. And promotions that are carried out well by banks and the knowledge possessed by the community about Islamic banks will affect people's interest in saving in Islamic banks. Furthermore, simultaneously the variables of perception, location, promotion, and knowledge have a positive and significant effect on people's interest in saving in Islamic banks. Based on the Islamic economic perspective, it is based on recommendations not to be wasteful and to always save. Because a waste is a very denial of Allah SWT. Keywords: Perception, Location, Promotion, and Knowledge

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2023 06:54
Last Modified: 11 May 2023 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28050

Actions (login required)

View Item View Item