PENANAMAN NILAI-NILAI KEIMANAN PADA MASA PUBERTAS PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN

SATRIAWAN , OGI (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI KEIMANAN PADA MASA PUBERTAS PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (63MB)

Abstract

ABSTRAK PENANAMAN NILAI-NILAI KEIMANAN PADA MASA PUBERTAS PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN Oleh OGI SATRIAWAN Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, unsur alkulturasi telah berimbas pada pola dan gaya hidup generasi muda, termasuk di dalamnya anak-anak remaja. Oleh karena itu, supaya remaja tidak terjerumus pada arus globalisasi tersebut, maka dalam jiwa remaja perlu ditananmkan keimanan yang kokoh, salah satunya melalui pendidikan Islam. Keimanan merupakan aspek fundamental bagi setiap orang, karena keimanan dapat mengarahkan seseorang dalam bersikap dan berprilaku dengan aturan Islam. Oleh karena itu, keimanan penting untuk dimiliki oleh setiap orang, termasuk masa pubertas. Mengingat masa tersebut, pada umumnya anak berada pada masa teransisi, sehingga dengan keiman tersebut remaja puber akan selekif terhadap pengaruh arus globalisasi seperti yang terjadi sekarang ini. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana perspektif Abdullah Nashih Ulwan tentang penanaman nilai-nilai keimanan pada masa pubertas Jenis penelitian ini adalah penelitian Library research. Adapun sifat dari penelitian ini bersifat deskriftif. Seterusnya penulis menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari buku Abdullah Nashih Ulwan dan data sekunder lainnya menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan. Setelah data-data terkumpul, penulis menganalisa dengan metode analisis kualitatif dan content analisis. Dalam mengambil kesimpulan menggunakan metode deduktif, penulis mengambil dari uraian-uraian yang bersifat khusus. Adapun temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: menurut Abdullah Nashih Ulwan Anak hendaknya ditanamkan nilai-nilai keimanan dari awal kelahirannya dengan membuka kehidupan anak dengan kalimat laa ilaaha illallaah. Kemudian dia beranjak besar hendaknya mengenalkan hukum-hukum halal dan haram kepada anak sejak dini dan menyuruh anak untuk beribadah ketika telah memasuki usia tujuh tahun. Setelah beranjak dewasa hendaknya mendidik anak untuk mencintai rasul, keluarganya dan membaca al-qur’an. Kemudian dari proses penanaman nilai-nilai keimanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pendidik yaitu seorang pendidik, materi, metode yang digunakan, proses dalam penanaman nilai-nilai keimanan pada anak, dan beberapa faktor penghambat. Segala sesuatu hendaknya berdasarkan atas Al-Qur’an, sunnah, pendaat para ulama dan cendikiawan muslim. Kata Kunci: Pendukung Penanaman Nilai-Nilai Keimanan, orang tua, lingkungan, proses penanaman, metode yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item