PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ISLAMIC BRANDING DAN ISLAMIC ADVERTISING ETHICS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Hijup.Com Di Kota Bandar Lampung)

DESI, AMBARWATI (2023) PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ISLAMIC BRANDING DAN ISLAMIC ADVERTISING ETHICS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Hijup.Com Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di dalam penelitian ini terdapat beberapa permasalahan seperti hasil penelitian yang tidak konsisten ada yang mendukung dan tidak mendukung bahwa E-service quality, Islamic branding dan Islamic advertising ethics berpengaruh terhadap keputusan pembelian, penulis juga melakukan survei secara online dan offline mengenai permasalahan apa saja yang dialami saat menggunakan aplikasi Hijup.com dalam berbelanja secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh E-service quality, Islamic branding dan Islamic advertising ethics terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Hijup.com dalam perspektif bisnis Islam, Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebar kuesioner secara online melalui google form kepada pengguna Hijup.com yang berdomisili di Bandar Lampung sebagai populasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden 97 ditentukan menggunakan rumus Lemeshow, serta menggunakan Smart PLS sebagai pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel E-service quality dan Islamic branding berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Hijup.com. Variabel Islamic advertising ethics berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Hijup.com. E-service quality, Islamic branding dan Islamic advertising ethics dalam meningkatkan keputusan pembelian pada aplikasi Hijup.com harus berlandaskan pada kaidah-kaidah agama islam, senantiasa memberikan pelayanan yang professional, jujur, amanah serta ramah dan sopan dalam melayani konsumen. Selain itu dilarang menjual atau memproduksi barang-barang yang diharamkan, serta transparan dalam mendeskripsikan barang yang dijual, tidak boleh adanya pernyataan palsu dan sumpah palsu. Kata Kunci : E-Service Quality, Islamic Branding, Islamic Advertising Ethics, Keputusan Pembelian. ABSTRACT In this study there are several problems such as inconsistent research results, there are those who support and do not support that E-service quality, Islamic branding and Islamic advertising ethics influence purchasing decisions, the authors also conduct online and offline surveys regarding any problems experienced when using the Hijup.com application when shopping online. This study aims to determine whether there is an influence of E-service quality, Islamic branding and Islamic advertising ethics on purchasing decisions on the Hijup.com application in an Islamic business perspective This study uses a quantitative approach method. The data used is primary data by distributing online questionnaires via the Google form to Hijup.com users who are domiciled in Bandar Lampung as a population. The sampling method in this study used purposive sampling, with a total of 100 respondents determined using the Lemeshow formula, and using Smart PLS as a data processor. The results showed that the variable E-service quality and Islamic branding had a positive and insignificant effect on purchasing decisions on the Hijup.com application. The Islamic advertising ethics variable has a positive and significant effect on purchasing decisions on the Hijup.com application. E-service quality, Islamic branding and Islamic advertising ethics in improving purchasing decisions on the Hijup.com application must be based on Islamic religious principles, always provide professional, honest, trustworthy and friendly and polite services in serving consumers. In addition, it is prohibited to sell or produce items that are forbidden, as well as be transparent in describing the goods being sold, no false statements and perjury are allowed. Keywords : E-Service Quality, Islamic Branding, Islamic advertising Ethics, Purchase Intention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2023 03:37
Last Modified: 11 May 2023 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28045

Actions (login required)

View Item View Item