PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN EDUKASI DI MASA NEW NORMAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Nasabah Pegawai Negeri Sipil BPRS Tanggamus Tahun 2018-2021)

Lia, Apriliana (2023) PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN EDUKASI DI MASA NEW NORMAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Nasabah Pegawai Negeri Sipil BPRS Tanggamus Tahun 2018-2021). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Produk pembiayaan murabahah pada BPRS Tanggamus tahun 2020, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, walaupun dalam keadaan pandemic. Rumusan masalah pada penelitian ini (1). Apakah strategi promosi berpengaruh terhadap keputusan menggunakan pembiayaan murabahah pada nasabah (PNS) BPRS Tanggamus? (2). Apakah edukasi berpengaruh terhadap keputusan menggunakan pembiayaan murabahah pada nasabah (PNS) BPRS Tanggamus? dan (3). Apakah strategi promosi dan edukasi berpengaruh terhadap keputusan menggunakan pembiayaan murabahah pada nasabah (PNS) BPRS Tanggamus? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan edukasi dimasa new normal Terhadap keputusan menggunakan pembiayaan Murabahah Dalam Perspektif Islam. (Studi pada nasabah Pegawai Negeri Sipil BPRS Tanggamus Tahun 2018-2021). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan sifat penelitian asosiatif. populasi berjumlah 947 nasabah dan sampelnya 90 nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan, adanya pengaruh positif dan signifikan antara strategi promosi terhadap keputusan menggunakan pembiayaan murabahah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien yang didapat sebesar 0,308. Adanya pengaruh positif dan signifikan atara edukasi terhadap keputusan menggunakan pembiayaan murabahah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien yang didapat sebesar 0,700, dan juga terdapat pengaruh secara simultan yang positif signifikan antara strategi promosi dan edukasi terhadap keputusan menggunakan pembiayaan murabahah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai F hitung > F table yaitu sebesar 58,141 > 3,10. Kata kunci : Stratrgi Promosi, Edukasi dan Keputusan. ABSTRACT Murabahah financing products at BPRS Tanggamus in 2020 have increased from the previous year, even in a pandemic situation. The formulation of the problem in this study (1). Does the promotion strategy affect the decision to use murabahah financing for BPRS Tanggamus customers? (2). Does education affect the decision to use murabahah financing for BPRS Tanggamus customers (PNS)? and (3). Does the promotion and education strategy affect the decision to use murabaha financing for BPRS Tanggamus customers? The aim of the study was to determine the effect of promotion and education strategies during the new normal period on the decision to use Murabaha financing in an Islamic perspective. (Study on customers of BPRS Tanggamus Civil Servants in 2018-2021). The research method used is a quantitative method with the nature of associative research. the population is 947 customers and the sample is 90 customers. Methods of data collection using questionnaires and interviews. Based on the calculation results, there is a positive and significant influence between the promotion strategy on the decision to use murabahah financing. This is evidenced by the coefficient value obtained at 0.308. There is a positive and significant influence between education on the decision to use murabahah financing. This is evidenced by the coefficient value obtained of 0.700, and there is also a significant positive simultaneous influence between promotion and education strategies on the decision to use murabahah financing. This is evidenced by the value of F count > F table which is equal to 58.141 > 3.10. Keywords: Promotion Strategy, Education and Customer Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2023 02:56
Last Modified: 11 May 2023 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28042

Actions (login required)

View Item View Item