PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMBERDAYAKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA

SUMIYATI, FITRI (2023) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMBERDAYAKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SUMIYATI FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMBERDAYAKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA Oleh : Sumiyati Fitri Bahan ajar di sekolah belum terintegrasi nilai-nilai keislaman, yang memadukan ilmu sains dengan dengan ayat-ayat Al-Quran. Bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai keislaman sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, agar dalam pelaksanaanya tidak ada pemisah antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon peserta didik dan karakteristik modul yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur dalam penelitian dan pengembangan ini mengacu kepada model Borg and Gall seperti diungkapkan oleh Sugiyono yang dapat dipraktikkan dengan lebih sederhana dari sepuluh tahapan dibatasi menjadi 7 tahapan. Berdasarkan validasi beberapa ahli yang didapat yaitu ahli materi 79% dan 88%, ahli media 73% dan 84%, ahli bahasa 75% dan 84% maka modul terintegrasi nilai-nilai keislaman mendapatkan kriteria layak. Respon peserta didik pada uji coba skala kecil memperoleh persentase 81% dan uji coba skala besar dg persentase 90%. Adapun karakteristik dari modul ini adalah (1) mudah digunakan, (2) modul terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan menggunakan ayat-ayat Al-Quran, (3) modul dilengkapi adab makan dan minum sesuai sunnah Rasulullah. Kata Kunci : Modul, Terintegrasi, Nilai-Nilai Keislaman, Karakter Religius iii ABSTRACT DEVELOPMENT OF INTEGRATED BIOLOGY MODULES OF ISLAMIC VALUES TO EMPOWER STUDENT RELIGIOUS CHARACTER By : Sumiyati Fitri Teaching materials in schools are not yet integrated with Islamic values, which combine science with verses from the Koran. Teaching materials that integrate Islamic values are urgently needed to support teaching and learning activities, so that in practice there is no separation between general knowledge and religious knowledge. This study aims to determine the feasibility, student responses and characteristics of modules that integrate Islamic values. In this study used is the method of research and development. The procedure in this research and development refers to the Borg and Gall model as disclosed by Sugiyono which can be practiced more simply than ten stages limited to 7 stages. Based on the validation of several experts, namely material experts 79% and 88%, media experts 73% and 84%, linguists 75% and 84%, the integrated module of Islamic values is eligible. Student responses in small-scale trials obtained a percentage of 81% and large-scale trials with a percentage of 90%. The characteristics of this module are (1) easy to use, (2) the module integrates Islamic values using verses from the Koran, (3) the module is equipped with eating and drinking habits according to the sunnah of the Prophet. Keywords: Module, Integrated, Islamic Values, Religious Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2023 08:16
Last Modified: 10 May 2023 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28040

Actions (login required)

View Item View Item