IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION, COMMUNICATION AND TECNOLOGY) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG

Pandi , Agus (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION, COMMUNICATION AND TECNOLOGY) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION, COMMUNICATION AND TECNOLOGY) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG Oleh Agus Pandi Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini masih konvensional dan keterbatasan sumber belajar membawa dampak pada kurangnya pemahaman dan pengamalan siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka mengintegrasikan pembelajaran berbasis ICT (Information, Communication And Tecnology) dalam pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Dalam penelitian penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan Pembelajaran Berbasis ICT dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Palajaran Pendidikan Agama Islam kelas X (Executive) SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada palajaran pendidikan agama Islam kelas X (Executive) SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menekankan pada makna, penalaran, serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku objek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus atau peristiwa-peristiwa yang kongkrit kemudian dari fakta-fakta atau pristiwa yang khusus ditarik generalisasi yang bersifat umum. Kesimpulan penelitian bahwa dengan penerapan Pembelajaran Berbasis ICT (Information, Communication And Tecnology) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas X ekskutif di SMA Perintis 2 Bandar Lampung sudah maksimal yaitu guru telah menggunakan media LCD proyektor (powerpoint) pada setiap pertemuan dan hotspot area. Dengan memanfaatkan pembelajaran berbasis ICT secara baik merupakan salah satu cara yang maksimal dalam menciptakan motivasi belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar peserta didik bahwa pada saat pra survey peserta didik tanpa menggunakan media ICT yang motivasi belajarnya tinggi sebanyak 3 orang atau 9,1 %, motivasi belajar sedang sebanyak 25 orang atau 75,7 %, dan motivasi belajar rendah sebanyak 5 orang 15,2 %. Kemudian terjadi peningkatan dengan penerapan pembelajarn berbasis ICT yaitu peserta didik yang motivasi belajarnya tinggi 14 orang atau 42,4 %, motivasi belajar sedang sebanyak 18 orang atau 54,4 %, dan motivasi belajar rendah sebanyak 1 orang 3,0 %, dan ini bukti pengaruh dari motivasi ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item