PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM UPAYA MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 04 BANDAR LAMPUNG

NURUL, NADHIFA RAHMANI (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM UPAYA MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 04 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Rujukan.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Nurul Nadhifa Rahmani Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut Achmad Juntika peran guru bimbingan dan konseling adalah seorang dengan rangkaian untuk membantu mengatasi hambatan dan kesulitan yang di hadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat maupun lingkungan kerja. Guru Bimbingan dan Konseling merupakan pendidik kedua setelah orang tua di rumah. Kewenangan yang dimiliki guru bimbingan dan konseling memiliki bentuk peranan yang sangat penting bagi optimalisasi proses pendidik dalam membentuk karakter peserta didik. Perilaku menyimpang adalah semua tingkah laku yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku di lingkungan masyarakat (norma agama, etika, peraturan sekolah, dan keluarga, dan lain-lain). Tujuan penelitian ini untuk mencegah perilaku menyimpang peserta didik di SMKN 04 Bandar Lampung dan mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik di SMKN 04 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan desain deskriptif studi kasus untuk menemukan data dan interprestasi yang tepat, penelitian ini juga melibatkan kombinasi data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi keabsahan data di lakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam upaya mengatasi perilaku menyimpang peserta didik kelas XI di SMKN Bandar Lampung terlihat cukup baik dan lebih efektif terlihat pada saat wawancara dengan peserta didik dan dewan guru yang ada di sekolah. Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Perilaku Menyimpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2023 06:50
Last Modified: 10 May 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28037

Actions (login required)

View Item View Item