KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES MENURUT MUNIF CHATIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Yossi, Yudia Dwi Chandra (2023) KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES MENURUT MUNIF CHATIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini, kajian mengenai kecerdasan jamak atau multiple intelligences sudah jarang ditemukan. Hal tersebut disebabkan karena sebuah paradigma yang ada, bahwa masih banyak yang menganggap kecerdasan cenderung disamaratakan antara yang satu dengan yang lainnya, dan kecerdasan hanya dilihat dari aspek kognitif saja serta mengabaikan kecerdasan yang berhubungan dengan aspek afektif maupun aspek psikomotorik seseorang. Sehingga pemikiran tersebut terus melekat pada diri setiap orang. Sesuai dengan latar belakang, maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana konsep multiple intelligences menurut Munif Chatib dan bagaimana relevansi antara konsep multiple intelligences Muni Chatib dengan pendidikan Islam. Tujuannya untuk mengetahui konsep multiple intelligences menurut Munif Chatib dan relevansi antara multiple intelligences menurut Munif Chatib dengan pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasi objek sesuai apa adanya dan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Berdasarkan hasil analisis data ini menunjukkan bahwa konsep multiple intelligences menurut Munif Chatib adalah untuk mengubah paradigma lama yang ada di Indonesia, dimana dalam konsep pembelajarannya, kecerdasan tidak selalu mengandalkan aspek kognitif saja, akan tetapi kecerdasan juga berkaitan dengan aspek afektif maupun psikomotorik yang dimiliki oleh seseorang, sehingga hasil dari pembelajaran yang menerapkan konsep multiple intelligences adalah pendidik menganggap bahwa semua peserta didiknya adalah sang juara, tidak ada peserta didik yang bodoh, oleh karena itu pendidik tidak membatasi kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik. Sedangkan Konsep multiple intelligences menurut Munif Chatib dan relevansinya dengan pendidikan Islam telah terdapat di berbagai ayat-ayat Al-Qur’an, masing-masing tersebut diantaranya, kecerdasan linguistik yang terdapat pada Q.S Ar-Rahman 1-4, yakni membahas tentang pandai berbicara agar dapat mengungkapkan apa yang ada di dalam hati dan di dalam perasaan, kecerdasan intrapersonal yang terdapat pada Q.S Ad-Dzariyat 21, yakni membahas untuk memotivasi manusia agar selalu memahami dan mengetahui tentang diri manusia itu sendiri tentang bukti-bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, kecerdasan interpersonal yang iv terdapat pada Q.S Al-Hujurat 13, yaitu membahas bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, kecerdasan naturalis yang terdapat pada Q.S Al-Baqarah 190-191, yakni membahas tentang manusia menyadari seutuhnya bahwa manusia adalah makhluk penanggung jawab dalam mengelola alam semesta, kecerdasan eksistensialis yang terdapat pada Q.S Ad-Dzariyat 56, yakni terdapat tujuan tertentu dari keberadaan jin dan manusia yang tercermin pada tugas. Barang siapa yang melaksanakan tugas tersebut berarti ia telah merealisasikan pada tujuan. Kata Kunci: Multiple Intelligences, Munif Chatib, Pendidikan Islam. v ABSTRACT At this time, the study of multiple intelligences or multiple intelligences is rarely found. This is due to an existing paradigm, that there are still many who think intelligence tends to be generalized between one and another, and intelligence is only seen from the cognitive aspect and ignores intelligence related to one's affective and psychomotor aspects. So that thought continues to stick with everyone. In accordance with the background, the problem that can be formulated is how is the concept of multiple intelligences according to Munif Chatib and how is the relevance between the concept of multiple intelligences Muni Chatib and Islamic education. The aim is to find out the concept of multiple intelligences according to Munif Chatib and the relevance between multiple intelligences according to Munif Chatib and Islamic education. The type of research used in this research is library research or library research that is descriptive in nature, namely a research method that seeks to describe and interpret objects as they are and to systematically describe the facts and characteristics of that the concept of multiple intelligences according to Munif Chatib is to change the old paradigm in Indonesia, where in the concept of learning, intelligence does not always rely on cognitive aspects only, but intelligence is also related to affective and psychomotor aspects possessed by a person. , so that the result of learning that applies the concept of multiple intelligences is that educators assume that all students are champions, no students are stupid, therefore educators do not limit the intelligence possessed by students. Meanwhile, according to Munif Chatib, the concept of multiple intelligences and its relevance to Islamic education has been found in various verses of the Qur'an, each of which includes linguistic intelligence found in Q.S Ar-Rahman 1-4, which discusses being good at speaking so that can reveal what is in the heart and in the feelings, intrapersonal intelligence found in Q.S Ad-Dzariyat 21, namely discussing to motivate people to always understand and know about themselves about the evidence of the power and greatness of Allah SWT, intelligence interpersonal intelligence found in Q.S Al�Hujurat 13, which discusses that humans are social beings who need other people, naturalist intelligence found in Q.S Al-Baqarah 190- 191, which discusses humans fully realizing that humans are beings in charge of managing nature universe, existentialist intelligence found in Q.S Ad-Dzariyat 56, that is, there is a certain purpose for the existence of jinn and humans which is reflected in tasks. Whoever carries out the task means he has realized the goal. Keywords: Multiple Intelligences, Munif Chatib, Islamic Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2023 04:48
Last Modified: 10 May 2023 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28036

Actions (login required)

View Item View Item