EVALUASI PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

Syaifudin, Nano (2023) EVALUASI PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of THESIS_Cover-Bab II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of THESIS_FULL_merged.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EVALUASI PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN Oleh SYAIFUDIN Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi terwujudnya karakter peserta didik. Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan untuk mencetak peserta didik yang berkarakter memiliki program kegiatan. Sehinggga dari program tersebut penulis mencoba untuk mengevaluasi program kegiatan latihan berpidato. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah evaluasi pelaksanaan program kegiatan latihan berpidato dan kegiatan bahasa dalam membentuk karakter peserta didik di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan (2) Untuk mengetahui evaluasi terkait pelaksanaan program kegiatan latihan berpidato dan kegiatan bahasa dalam membentuk karakter peserta didik di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode evaluasi program dan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen dalam pengumpulan data. Pemeriksaan keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa program kegiatan bahasa dalam pelaksanaannya berjalan cukup baik. Peserta didik masih belum mampu berdisiplin dengan baik, hal itu dilihat dari banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang ada. Pelanggaran itu adalah mereka masih belum sepenuhnya berbicara dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam keseharian mereka. Program latihan berpidato berjalan dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari perencanaan, organisasi, pelaksanaan, dan kontrol yang ada. Namun ada beberapa peserta didik masih belum menguasai isi pidatonya, telihat belum percaya diri, dan intonasi saat berpidato juga masih kurang. Dari temuan yang ada, penulis memberikan rekomendasi agar program kegiatan bahasa dilanjutkan, namun dalam segi pengawasannya supaya lebih ditingkatkan. Program latihan berpidato juga direkomendasikan untuk dilanjutkan, adapun dalam segi pengawalan terkait kesiapan peserta didik supaya lebih ditingkatkan. Kata Kunci : Evaluasi, Program Kegiatan, Karakter Peserta Didik vii ABSTRACT EVALUATION OF THE CHARACTER ESTABLISHMENT PROGRAM FOR STUDENTS AT MODERN PONDOK DARUSSALAM GONTOR CAMPUS 7 KALIANDA SOUTH LAMPUNG By SYAIFUDIN Education is something that is very important for the realization of the character of students. Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 7 Kalianda, South Lampung to produce students with character who have an activity program. So that from this program the author tries to evaluate the speech training activity program. This study aims to: (1) To find out the steps for evaluating the implementation of the speech training program and language activities in shaping the character of students at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 7 Kalianda, South Lampung (2) To find out the evaluation related to the implementation of the speech training program and language activities in shaping the character of students at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 7 Kalianda, South Lampung. This type of research is evaluation research with program evaluation methods and a qualitative approach. This study uses interviews, observation, and document analysis in collecting data. Checking the validity of the author's data uses the technique of triangulation of data sources. The findings in the field indicate that the language activity program is running quite well in its implementation. Students are still not able to discipline properly, this can be seen from the many violations that exist. The violation is that they still don't fully speak Arabic and English in their daily lives. The speech practice program went well. This can be seen from the existing planning, organization, implementation, and control. However, there are some students who still do not master the contents of their speeches, they do not seem confident, and the intonation when speaking is still lacking. From the existing findings, the authors recommend that the language activity program be continued, but in terms of supervision, it should be further improved. It is also recommended that the speech training program be continued, while in terms of escorting the readiness of students to be further improved. Keywords : Evaluation, Activity Program, Character of Learners

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2023 04:38
Last Modified: 10 May 2023 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item View Item