TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK KHIYAR DALAM JUAL BELI BUAH SECARA ONLINE (Studi di Toko Grosir Buah Laa Tansa Az-Zakiyyah Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara)

Lora, Syafitri (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK KHIYAR DALAM JUAL BELI BUAH SECARA ONLINE (Studi di Toko Grosir Buah Laa Tansa Az-Zakiyyah Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK LORA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Hukum Islam telah mengatur jual beli dengan sangat baik, yaitu; berbagai macam jual beli, syarat dan ketentuan jual beli. Islam juga telah mengaturnya dengan hak khiyar. akun media sosial penjual. Penjual biasanya menawarkan di media sosial beberapa macam buah yang ada di toko dan pembeli biasanya menghubungi penjual terlebih dahulu untuk membeli buah. Agar menarik minat pembeli, penjual memberikan penjelasan soal rasa dan kualitas buah. Namun, ada beberapa pembeli mengatakan buah yang dibeli kualitasnya kurang baik dan setelah membeli tidak adanya perjajian tukar menukar buah apabila kualitas buah kurang baik.Hal ini dapat menyebabkan kedua belah pihak mengalami kerugian baik dari penjual yang kemungkinan kehilangan pelanggan, dan kerugian dari pembeli yang mengalami kerugian karena kualitas buah yang kurang baik dan dan tidak sesuai dengan apa yang telah ditawarkan oleh penjual. Rumusan masalah dalam penelitian ini, 1. Bagaimana hak khiyar dalam jual beli buah secara online di toko grosir buah Laa Tansa Az-Zakiyyah? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hak khiyar dalam jual beli buah secara online di toko grosir buah Laa Tansa Az-Zakiyyah? Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui hak khiyar dan tinjauan hukum Islam terhadap jual beli buah secara online di toko grosir buah Laa Tansa Az-Zakiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif analis. Sumber data primer yang diperoleh dari lapangan atau lokasi penelitian yaitu menggunakan metode survei melalui wawancara pribadi dengan penjual buah di toko grosir buah laa tansa az-zakiyyah, sedangkan data sekunder yang digunakan berupa data tertulis yeng diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan dengan tujuan penelitian yaitu sejarah toko grosir buah laa tansa az-zakiyyah, buku�buku, jurnal dan artikel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu 1. Hak khiyar atas Hak pembeli yang diperoleh dari pedagang atas barang yang akan dibeli adalah hak pembeli dalam pelayanan yang baik, informasi yang jelas tentang barang yang akan dibeli, dan hak khiyar. Dengan adanya toko grosir tersebut, yang menyediakan jual beli buah online sangat memudahkan para pembeli untuk mendapatkan bbuah yang diinginkan, terutama reseller buah, yang mencari harga buah yang murah dibandingkan harga pasaran lainnya. Hak khiyar di toko ini, sudah sesuai dengan aturan dan dasar hukum dalam hak khiyar, untuk memberi kebebasan kepada pembeli, membatalkan atau iii meneruskan akad. 2. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hak Khiyar Dalam Jual Beli Buah Secara Online, Pejual buah secara online di toko grosir buah Laa Tansa Az-Zakiyyah tersebut sudah memberikan hak opsional (hak memilih) yang dianjurkan oleh syara’ yang dimiliki oleh pembeli untuk membatalkan akad jual beli sesuai dengan peryataan Sayyid Sabiq yaitu : “Khiyar ialah mencari kebaikan dari dua perkara, melangsungkan atau membatalkan (jual beli)”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 May 2023 07:54
Last Modified: 09 May 2023 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28030

Actions (login required)

View Item View Item