PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs PLUS WALISONGO LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017

MARYANI , OKTA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs PLUS WALISONGO LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS KELAS VIII MTs PLUS WALISONGO LAMPUNG UTARA T.A 2016/2017 Oleh Okta Maryani Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII MTs Plus Walisongo disebabkan karena peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan peserta didik jarang sekali mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan software Geogebra dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran model Think Pair Share saja maupun peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VIII MTs Plus Walisongo Lampung Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Plus walisongo tahun ajaran 2016/2017, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran Think Pair Share berbantuan software Geogebra, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran Think Pair Share saja dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdaarkan hasil perhitungan setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji ANAVA didapat sebesar 31,896. Apabila nilai tersebut dibandingkan dengan nilai sebesar 3,15, maka dapat disimpulkan bahwa dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Think Pair Share berbantuan software Geogebra terhadap kemampuan penalaran matematis pada peserta didik. Selanjutnya dilakukan uji lanjut anava untuk mengetahui kelas mana yang memiliki pengaruh paling baik dalam membantu meningkatkan penalaran matematis. Setelah dilakukan uji lanjut maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari model pembelajaran Think Pair Share berbantuan software Geogebra dan kedua model pembelajaran tersebut lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Think Pair Share, konvensional, penalaran matematis, Software Geogebra

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item