STRATEGI PELAYANAN TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KENYAMANAN IBADAH (Masjid Al-Huda Sukarame Bandar Lampung)

Gahayu, Aji Nugraha (2023) STRATEGI PELAYANAN TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KENYAMANAN IBADAH (Masjid Al-Huda Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Gahayu Aji Nugraha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul „strategi pelayanan takmir masjid dalam meningkatkan kualitas kenyamanan ibadah dimasjid Al-Huda Sukarame Bandar Lampung yang merupakan sarana menuju keberhasilan dalam mencapai tujuan sebuah organisasi. Sehingga penyusunan strategi oleh takmir masjid perlu adanya tahapan-tahapan agar tercapainya tujuan yang hendak dicapai oleh takmir Masjid Al�Huda. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ialah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi serta sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang dilakukan dengan teknik triangulasi. Teori-teori berserta data penunjang lainnya penulis peroleh dari kepustakaan dan dokumentasi di Masjid Al-Huda Sukarame Bandar Lampung. Interview penulis lakukan dengan ketua harian Masjid Al-Huda Sukarame dan Sekertariat masjid serta pengurus masjid lainnya yang dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh penulis dalam penelitian. Observasi penulis lakukan dengan mengamati secara langsung bagaimana strategi�strategi pengurus masjid dilakukan, serta mencatat data-data yang terlihat dari peningkatan kualitas masjid yang ada saat ini. Dokumentasi yang digunakan penulis dalam mencari data yaitu berupa catatan, buku,artikel-artikel yang berhubungan dengan judul penulis. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan takmir Masjid Al-Huda dalam membentuk strategi guna meningkatkan kualitas kenyamanan ibadah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pelayanan Takmir Masjid dalam Meningkatkan Kualitas Kenyamanan Ibadah diMasjid Al-Huda Sukarame Bandar Lampung. Strategi yang digunakan yakni dengan membuat rumah ibadah yang nyaman dan sejuk. Dengan memasang penyejuk ruangan baik kipas maupun AC dibeberapa sudutnya sehingga jamaah akan merasa nyaman,betah dan tidak bosan untuk mendatangi masjid. Adapun upaya yang dilakukan Masjid Al-Huda antara lain adalah menjaga kebersihan,keamanan kendaraan dan menyediakan sarana dan prasarana yang baik. Kata kunci: Strategi, Takmir Masjid, Ibadah iii ABSTRACT This research is entitled 'the strategy of takmir masjid service in improving the quality of comfort of worship in the Al-Huda Sukarame bandar Lampung mosque which is a means to success in achieving the goals of an organization. So that the preparation of a strategy by the takmir of the mosque needs to have stages in order to achieve the goals to be achieved by the takmir of the Al-Huda Mosque. The type of research used by the author is a type of qualitative research using interview, observation, and documentation data collection techniques as well as the data sources used are primary and secondary data sources. Data analysis of this study is data reduction, data presentation and conclusion drawing. Meanwhile, the data validity test is carried out with triangulation techniques. Theories along with other supporting data the author obtained from literature and documentation at the Al-Huda Sukarame Mosque in Bandar Lampung. The author's interview was conducted with the daily chairman of Masjid Al-Huda Sukarame and the Secretary of the mosque and other mosque administrators who were considered to be able to provide the information needed by the authors in the study. The author's observation is carried out by directly observing how the strategies of mosque administrators are carried out, as well as recording data that can be seen from the improvement of the quality of existing mosques. The documentation used by the author in finding data is in the form of notes, books, articles related to the author's title. All of these data are materials to describe the stages of the Takmir of Al-Huda Mosque in forming a strategy to improve the quality of worship comfort. From the results of this study, it shows that the Takmir Masjid Service Strategy in Improving the Quality of Worship Comfort in The Mosque of Al-Huda Sukarame Bandar Lampung. The strategy used is to make a comfortable and cool house of worship. By installing air conditioning both fans and air conditioners in several corners so that worshippers will feel comfortable, at home and not bored to visit the mosque. The efforts made by the Al-Huda Mosque include maintaining cleanliness, vehicle safety and providing good facilities and infrastructure. Keywords: Strategy, Mosque Takmir, Worship

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 May 2023 04:53
Last Modified: 09 May 2023 04:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28026

Actions (login required)

View Item View Item