KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KELAS V SD NEGERI 2 GISTING PERMAI TANGGAMUS

WIDYA, ANGGRAINI (2023) KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KELAS V SD NEGERI 2 GISTING PERMAI TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar di Kelas V SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus”. Penelitian ini bertujuan guna untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran mengenai kecerdasan interpersonal pada siswa kelas V SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data dari beberapa teknik, diantaranya yaitu observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus. Objek penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal siswa. Selanjutnya data analisis dengan kualitatif melalui teknik reduction data (data reduksi), display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V mempunyai kecerdasan interpersonal yang dapat dikategorikan tinggi diantaranya seperti mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan orang lain, mampu berempati secara baik, mampu mengembangkan hubungan yang harmonis dengan orang lain,mampu memahami temperamen, sifat dan kepribadian orang lain, mampu memahami suasana hati, motif dan niat orang lain. Hal ini juga diperkuat dari hasil angket dimana dari 36 orang siswa 23 orang siswa diantanya berada dalam kategori tinggi. Maka dari itu kecerdasan interpersonal dalam kelas V SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus masuk dalam kategori yang tinggi akan kecerdasan interpersonalnya. iii ABSTRACT This study entitled "Interpersonal Intelligence of Elementary School Students in Class V SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus". This study aims to describe how the description of interpersonal intelligence in fifth grade students at SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus. The method used is descriptive qualitative research. To obtain the validity of the data, researchers used data triangulation from several techniques, including observation, interviews, questionnaires and documentation. The research subjects were fifth grade students at SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus. The object of this research is students' interpersonal intelligence. Furthermore, qualitative analysis of data through data reduction techniques (data reduction), data display (data presentation), and draw conclusions. Based on the results of the study, it was shown that fifth grade students had interpersonal intelligence that could be categorized as high, including being able to establish effective communication with others, being able to empathize well, being able to develop harmonious relationships with others, being able to understand the temperament, nature and personality of other people, able to understand the moods, motives and intentions of others. This was also reinforced by the results of the questionnaire where out of 36 students, 23 students were in the high category. Therefore interpersonal intelligence in class V SD Negeri 2 Gisting Permai Tanggamus is included in the high category of interpersonal intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 May 2023 04:22
Last Modified: 09 May 2023 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28023

Actions (login required)

View Item View Item