MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN

AHMAD, MAULANA (2023) MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD MAULANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah satu hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita, sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap makhluk sosial, di samping manusia adalah makhluk yang telah Allah anugerahkan padanya akal dan fikiran. Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam pebelajaran. Oleh sebab itu, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar fiqih dikelas X MA Mathla’ul Anwar Kedondong Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Desain penelitian yang digunakan ialah Non-equivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksankan di MA Mathla’ul Anwar Kedondong Kabupaten Pesawaran dengan Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dengan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test dari hasil pre-test yaitu sebesar 42,50 untuk kelas kontrol dan 60,00 untuk kelas eksperimen, dan nilai post-test yaitu 47,00 untuk kelas kontrol dan 78,00 untuk kelas eksperimen. Dari kedua nilai tersebut terdapat terdapat perubahan nilai dari sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberiperlakuan. Pada uji hipotesis data dengan menggunakan Uji-t melalui aplikasi SPSS versi 18 diperoleh nilai Sig.0,05 (5%) pada Sig. (2-tailed) diperoleh 0,000<0,05 maka terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis H0 ditolak, dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agma Islam Peserta Didik Kelas X MA Mathla’ul Anwar Kedondong Kabupaten Pesawaran. Kata kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Fiqih dikelas X di MA Mathla’ul Anwar Kedondong Kabupaten Pesawaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2023 08:18
Last Modified: 08 May 2023 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28015

Actions (login required)

View Item View Item