STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SMP MUTIARA BANGSA BANDAR LAMPUNG

Khairunnisa, Ansory Ayub (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SMP MUTIARA BANGSA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPS CETAK KHOIRUNNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan dipilih dan yang akan digunakan oleh seorang pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya pada akhir kegiatan belajar. Strategi pembelajaran juga diterapkan guru pendidikan agama islam di SMP Mutiara Bangsa Bandar Lampung dalam meningkatkan prestasi belajar, akan tetapi masih ada peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM, hal ini menjadi masalah bagi sekolah tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian dengan tujuan agar mengetahui strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar di SMP Mutiara Bangsa Bandar Lampung dan faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar di SMP Mutiara Bangsa Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara pemeriksaan atau pengecekan keabsahan datanya menggunakan keikutsertaan peneliti dalam pengumpulan data , dan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data melalui melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar di SMP Mutiara Bangsa Bandar Lampung sudah efektif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar yaitu strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman, serta strategi pembelajaran mandiri. Terkait prestasi belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam sendiri mayoritas sudah meningkat dan lebih baik Dalam pelaksanaannya masih ada faktor penghambat yang ditemukan yaitu kurangnya minat siswa belajar pendidikan agama islam, adanya siswa yang hanya mengikuti proses pembelajaran saja dan sedikitnya waktu untuk proses pembelajaran pendidikan agama islam. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar. iii ABSTRACT Learning strategies are the methods that will be chosen and used by an educator to convey learning material that aims to make it easier for students to receive and understand learning material, which in the end the learning objectives can be mastered at the end of learning activities. The learning strategy was also applied by Islamic religious education teachers at Mutiara Bangsa Middle School in Bandar Lampung in improving learning achievement, but there were still students who scored below the KKM, this was a problem for the school. Therefore it is necessary to carry out research with the aim of knowing the learning strategies of Islamic religious education teachers in improving learning achievement at Mutiara Bangsa Middle School Bandar Lampung and the inhibiting factors for implementing Islamic religious education teacher learning strategies in increasing learning achievement at Mutiara Bangsa Middle School Bandar Lampung. This research is a qualitative research using qualitative descriptive method. Data collection procedures used were observation, interviews, and documentation. Meanwhile, checking or checking the validity of the data uses the participation of researchers in data collection, and triangulation of sources. While the data analysis technique went through four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the learning strategy of Islamic religious education teachers in improving learning achievement at Mutiara Bangsa Middle School Bandar Lampung is effective. The conclusion from this study is that the strategies used by Islamic Religious Education teachers in improving learning achievement are direct learning strategies, indirect learning strategies, interactive learning strategies, experiential learning strategies, and independent learning strategies. Regarding learning achievement in learning Islamic religious education itself, the majority have improved and are better. In its implementation, there are still inhibiting factors found, namely the lack of interest in students learning Islamic religious education, the presence of students who only take part in the learning process and the lack of time for the learning process of Islamic religious education. Keywords: Learning Strategy, Islamic Religious Education Teacher, Learning Achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2023 08:10
Last Modified: 08 May 2023 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28014

Actions (login required)

View Item View Item