ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMPN 17 GEDUNG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

MELA, FATMAWATI (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMPN 17 GEDUNG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELA FATMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan bagaimana penggunaan media internet dalam pembelajaran pendidikan agama islam peserta didik di SMPN 17 Gedung Tataan. Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Kehadiran internet yang memberikan banyak kemudahan dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik untuk lebih bersemangat dalam belajar, internet sebagai media baru memberikan banyak peranan yang lebih terhadap peserta didik dalam mencari segala informasi yang berkaitan dengan pelajaran. Adapun yang melatar belakangi penulis untuk membuat skripsi ini di dasari pada pegamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan guru dan siswa di SMPN 17 Gedung Tataan. Dimana penggunaan media internet dalam pembelajaran PAI dirasa masih belum maksimal dalam pembelajaran, dimana masih ada siswa yang bermalasan saat belajar dan mengantuk pada jam pelajaran berlangsung. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi. populasi dalam penelitian ini yaitu para peserta didik SMPN 17 Gedung Tataan kelas VIII dan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 60 orang dengan menggunakan Teknik random sampling. Hasil Penelitian ini menunjukan Penggunaan media internet pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 17 Gedung Ttatan telah dilaksanakan semaksimal mungkin dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, Google, You-tube dan G�Classroom. Penggunaan media internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan pengaruh yang positif terhadap minat belajar bagi peserta didik. Dapat disimpulkan penggunaan internet dalam pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar peserta didik, hal tersebut bisa dilihat dari siswa yang menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran, antusias, mendengarkan penjelasan guru dan tidak menunda- nunda tugas yang guru berikan. Tetapi dalam iii penerapannya masi terdapat beberapa kendala seperti jarigan yang suwaktu masi belum bijak dalam menggunakan internet dalam pembelajaran. Akan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan baik oleh guru dengn tidak bosan memberika arahan dan nasehat, serta memberikan solusi di setiap yang terjadi. Kata Kunci: Media Internet, Minat Belajar dan Pendidikan Agama Islam. iv ABSTRACT This research is the result of research that describes how the use of internet media in increasing students' interest in learning at SMPN 17 Gedung Tataan. Interest in learning is a form of someone's activeness that encourages them to carry out a series of mental and physical activities to obtain a change in behavior as a result of individual experiences in interactions in their environment which involve cognitive, affective and psychomotor. Learning interest can be measured through feelings of pleasure, student involvement, student interest and attention. As for the background of the writer to write this thesis, it is based on observations and initial interviews that the writer conducted with teachers and students at SMPN 17 Gedung Tataan. Where the use of internet media in PAI learning is still not optimal in increasing interest in learning, where there are still students who are lazy while studying and sleepy during class hours. This research uses descriptive qualitative method with data collection methods namely Observation, Interview, Documentation. The population in this study were class VIII students of SMPN 17 Tataan Building and the sample in this study was 60 people using a random sampling technique. The results of this study indicate that the use of internet media in learning Islamic Religious Education at SMPN 17 Gedung Ttatan has been carried out to the fullest extent possible by utilizing the WhatsApp, Google, Youtube and G-Classroom applications. The use of internet media in learning Islamic Religious Education has a positive influence on students' interest in learning. It can be concluded that the use of the internet in learning can increase students' interest in learning, this can be seen from students who become more active during learning, are enthusiastic, listen to the teacher's explanation and do not procrastinate on the assignments the teacher gives. But in its application there are still several obstacles such as the network which at times is still not wise in using the internet in learning. However, this can be handled well by the teacher by not getting tired of giving directions and advice, and providing solutions in every case that occurs. Keywords: Internet Media, Interest in Learning and Islamic Religious Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2023 07:44
Last Modified: 08 May 2023 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28010

Actions (login required)

View Item View Item