PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MI AL-KHAIRIYAH KANGKUNG BANDAR LAMPUNG

Handayani, Triska (2017) PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MI AL-KHAIRIYAH KANGKUNG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (71MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Berdasarkan kegiatan pra survey yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat sehingga berdampak hasil belajar kognitif pelajaran IPA masih rendah pada siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa di MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung, diketahui proses pembelajaran sudah menggunakan strategi Prediction Guide, namun proses pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu perlu di kembangkan strategi pembelajaran aktif learning tipe Critical Incident untuk meningkatkan hasil belajar. Rumusan dalam penelitian ini yaitu Adakah Pengaruh Strategi Critical Incident Terhadap Hasil belajar IPA Kelas V MI Al-Khairiyah Kangkung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif learning tipe Critical Incident terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang di gunakan yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang di peroleh kelas eksperimen sebesar 0,583 atau 58% (interpretasi sedang) dan N-Gain yang di peroleh kelas kontrol sebesar 0,103 atau 10% (interpretasi rendah). Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji-t diperoleh thitung = 13,46 dan ttabel = 1,670 dengan taraf signifikasi 5 %. Karena thitung > ttabel maka H1 di terima dan H0 di tolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran aktif learning tipe Critical Incident terhadap hasil belajar mata Pelajaran IPA kelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2017 07:12
Last Modified: 29 Dec 2017 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item