PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME

Rima, Maulidya Islamiyati (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME Oleh: Rima Maulidya Islamiyati Berdasarkan studi pendahuluan ini ditemukan bahwa kemampuan argumentasi dan self regulation peserta didik MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung masih tergolong rendah. Hal ini mungkin karena di sebabkan oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VIII (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom terhadap self regulation peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahuan ajaran 2022/2023 dengan menggunakan metode penelitian yaitu Quasi Eksperimen dengan desain pretest�posttest control desain. Serta menggunakan sampel penelitian yaitu kelas VIII U1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII U2 sebagai kelas kontrol yang di pilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct intruction. Instrumen penelitian menggunakan tes soal uraian untuk mengukur kemampuan argumentasi peserta didik dan angket untuk mengukur self regulation peserta didik. uji prasyarat pada penelitian ini yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak maka variabel bebas (model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom menunjukan adanya pengaruh terhadap variabel terikat (kemampuan argumentasi dan self regulation). Kata Kunci: Model Discovery Learning, Google Classroom, Kemampuan Argumentasi dan Self Regulation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2023 07:14
Last Modified: 08 May 2023 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28002

Actions (login required)

View Item View Item