T I N J AU A N H U KUM I SL AM TE R HA D AP SI S TEM PENGURANGAN TIMBANGAN DAN HARGA DALAM JUAL BELI KAKAO SETENGAH KERING (Studi di Pekon Ampai Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus)

Masda, Kusuma Wardhani (2023) T I N J AU A N H U KUM I SL AM TE R HA D AP SI S TEM PENGURANGAN TIMBANGAN DAN HARGA DALAM JUAL BELI KAKAO SETENGAH KERING (Studi di Pekon Ampai Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi MASDA KUSUMA WARDHANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli kakao setengah kering yang berlangsung di Pekon Ampai, Kecamatan Limau telah dipraktikkan menurut kebiasaan yang sudah berlaku sejak lama di tengah masyarakat. Penimbangan kakao dilakukan saat tengkulak berkunjung kerumah-rumah petani atau sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Jual beli kakao setengah kering yang berlangsung di tengah masyarakat dibebani oleh pengurangan timbangan dan harga. Selain itu timbangan yang digunakan juga keakuratannya masih diragukan, hitungan berat di bawah 1 kg dibulatkan dan dianggap tidak ada serta menjadi milik pembeli (tengkulak), hal ini sudah menjadi kebiasaan turun temurun hingga saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem jual beli kakao setengah kering yang terjadi di Pekon Ampai, Kecamatan Limau dan bagaimana pandangan Hukum Islam tentang penguragan timbangan yang dilakukan dalam jual beli kakao setengah kering. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana jual beli kakao setengah kering yang mengandung unsur pengurangan timbangan dan harga dan untuk mengetahui pandangan Hukum Islam dengan adanya praktik tersebut. penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseatch) yang didampingi dengan penelitian kepustakaan (Library research). Subjek dalam penelitian ini adalah petani dan tengkulak di Pekon Ampai Kecamatan Limau, sedangkan objek penelitiannya adalah fiqh muamalah dan pengurangan timbangan dan harga dalam jual beli kakao setengah kering. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan melalui tahap editing dan sistematika data. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan teori jual beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan jual beli kakao setengah kering di Pekon Ampai, Kecamatan Limau tidaklah diperbolehkan, alasannya ialah tidak sesuai dengan ketentuan jual beli dan melanggar aturan dalam Hukum Islam yaitu tidak ditepatinya timbangan, penetapan harga yang tidak tepat, serta adanya pembulatan angka timbangan yang sudah mejadi tradisi menurun yang tidak baik dalam sistem jual beli kakao setengah kering sehingga salah satu pihak merasa dirugikan. Pada hakikatnya bahwa Islam dengan tegas melarang hal-hal yang berkenaan dengan pengurangan dalam penimbangan dan larangan tersebut terdapat dalam teori jual beli dalam Islam yakni tidak terpunuhinya hukum dan syarat jual beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2023 06:50
Last Modified: 08 May 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28000

Actions (login required)

View Item View Item