IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU NURUL IMAN DESA TUNGGAL WARGA

MIFTAHUL, JANAH (2023) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU NURUL IMAN DESA TUNGGAL WARGA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MIFTAHUL JANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU NURUL IMAN DESA TUNGGAL WARGA Oleh : Miftahul Janah Implementasi berarti penerapan atau pelaksanaan, implementasi bermuara pada aktifitas, aksi, tindakan atau adanya mekanisme suatu sistem. Metode Tutor Sebaya adalah metode pembelajaran dengan pendekatan kooperatif dimana peserta didik ada yang berperan sebagai pengajar (biasanya siswa yang lebih pandai dari siswa yang lain) dan peserta didik yang lain berperan sebagai pembelajar. Metode tutor sebaya ini memudahkan belajar, siswa berpartisipasi aktif, dan dapat memecahkan masalah bersama-sama, sehingga pemahaman terhadap materi pembelajaran yang diberikan dapat tercapai. Motivasi berarti dorongan, kehendak, atau kemauan, Motivasi adalah tenaga�tenaga (forcer) yang membangkitkan dan mengarahkan tingkah laku individu. Motivasi tidak dapat diamati secara langsung, akan tetapi dapat diinterpretasikan dari tingkah lakunya, baik yang berupa rangsangan, dorongan atau pembangkit tenaga munculnya suatu tingkah laku tertentu. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan rumpun mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran pokok (dasar) yang terdapat dalam agama islam, yang menjadi salah satu komponen, dan tidak dapat dipisahkan dari rumpun mata pelajaran yang bertujuan, mengembangkan moral dan kepribadian peserta didik. Implementasi Metode Tutor Sebaya merupakan salah satu kegiatan yang diterapkan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Iman Desa Tunggal Warga dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya. Dalam hal ini terdapat faktor yang mendukung berjalannya kegiatan, tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa faktor yang menghambat kegiatan tersebut. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian iii dengan tujuan mencari bukti dan melihat keserasian antara metode tutor sebaya dan motivasi belajar peserta didik serta mencari faktor pendukung dan penghambatnya. Pada skripsi ini, digunakan pendekatan bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Tutor Sebaya merupakan salah satu kegiatan yang diterapkan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Iman Desa Tunggal Warga sudah berjalan dengan baik dan konsisten dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap peserta didiknya. Pelaksanaan nya yaitu siswa dapat memahami materi yang diajarkan oleh teman sebaya nya, karena bahasa yang disampaikan tidak baku dan mudah di mengerti. Siswa juga aktif dalam pembelajaran dan tidak malu untuk bertanya. Oleh sebab itu, penerapan Metode Tutor Sebaya dapat dikatakan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam memahami suatu materi pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, ditemukan faktor pendukung dan penghambat yang sama-sama berasal dari peserta didik dan dari luar peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Metode Tutor Sebaya, Motivasi iv ABSTRACT IMPLEMENTATION OF THE PEER TUTOR METHOD TO INCREASE THE LEARNING MOTIVATION OF EYES GRADE VII STUDENTS ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LESSONS IN FIRST ISLAMIC MIDDLE SCHOOL INTEGRATED NURUL FAITH VILLAGE OF SINGLE CITIZENS By : Miftahul Janah Implementation means the application or implementation, implementation boils down to activities, actions, actions or the mechanism of a system. The Peer Tutor Method is a learning method with a cooperative approach where some students act as teachers (usually students who are smarter than other students) and other students act as learners. This peer tutoring method facilitates learning, students participate actively, and can solve problems together, so that an understanding of the learning material provided can be achieved. Motivation means encouragement, will, or will. Motivation is the forces that arouse and direct individual behavior. Motivation cannot be observed directly, but can be interpreted from behavior, whether in the form of stimulation, encouragement or power generation for the emergence of a certain behavior. Islamic Religious Education Subjects are a group of subjects developed from the main (basic) teachings contained in the Islamic religion, which are one of the components, and cannot be separated from the subject group which aims to develop the morals and personality of students. Implementation of the Peer Tutor Method is one of the activities implemented at the Nurul Iman Integrated Islamic Junior High School in Tunggal Warga Village with the aim of increasing the learning motivation of its students. In this case there are factors that support the running of the activity, but in practice there are still several factors that hinder these activities. Therefore, it is necessary to carry out research with the aim of finding evidence and seeing the harmony between the peer tutoring method and students' learning motivation and looking for supporting and inhibiting factors. In this thesis, a descriptive approach is used with qualitative research methods. The data obtained using data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. Then the data v obtained is analyzed by reducing the data, presenting the data and then drawing conclusions. The results of this study indicate that the implementation of the Peer Tutor Method is one of the activities implemented at the Nurul Iman Integrated Islamic Junior High School, Desa Tunggal Warga, which has been going well and is consistent in increasing the learning motivation of its students. The implementation is that students can understand the material taught by their peers, because the language conveyed is not standard and easy to understand. Students are also active in learning and are not ashamed to ask questions. Therefore, the application of the Peer Tutor Method can be said to increase students' learning motivation in understanding a learning material. In its implementation, supporting and inhibiting factors were found that both came from students and from outside students. Keywords: Implementation, Peer Tutor Method, Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2023 03:03
Last Modified: 22 May 2023 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27995

Actions (login required)

View Item View Item