PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII SMAN 01 KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT

TASYA, SOFIANA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII SMAN 01 KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_TASYA SOFIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari fenomena dan tantangan bagi seorang pendidik untuk mengikuti sistem pembelajaran di era digital. Salah satunya yaitu dengan pemanfaatan Learning Management System berbasis Google Classroom, mengingat di era digital ini banyak sekali aplikasi ytang digunakan sebagai media pembelajaran. Terlebih saat pandemic covid-19 semua kegiatan dilakukan secara daring. Untuk itu adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan google clasroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik mata pelajaran PAI di SMAN 01 Kebun Tebu Lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 204 peserta didik dan yang akan menjadi sampel penelitian ini sebanyak 67 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear sederhana, dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji t-test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas menggunakan rumus kolmogorov smirnov yang dilakukan untuk mengetahui data berdisrtibusi normal atau tidak. Selanjutnya uji homogenitas menggunakan rumus kolmogorov smirnov yang dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pengujian hipotesis memperoleh nilai sig (2- tailed) sebesar 0,000 < taraf signifikansi yaitu 0,05 (5%) yang berarti 0,000 lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XII mata pelajaran Pendidikan agma islamdi SMAN 01 Kebun Tebu Lampung Barat. Kata kunci : Media pembelajaran, Google Classroom, Hasil Belajar Kognitif iii ABSTRACT This research departs from the phenomena and challenges for an educator to follow the learning system in the digital era. One of them is the use of the Google Classroom-based Learning Management System, considering that in this digital era there are many application use as learning media. Especially during the COVID-19 pandemic, all activities carry out online. For this reason, this study aims to determine whether or not the use of Google Classroom has an effect on cognitive learning outcomes of PAI students at SMAN 01 Kebun Tebu, West Lampung. This research is an Ex Post facto research, using a quantitative approach. The population is 204 students and the sample of this research is 67 students. The data collection techniques used in this study were questionnaires and documentation. While the data analysis technique uses simple linear regression analysis, with the help of the SPSS 25 application. The data analysis technique in this study uses the t-test test technique to answer the hypothesis. The normality test used the Kolmogorov Smirnov formula which is carried out to determine whether the data is normally distributed or not. Furthermore, the homogeneity test using the Kolmogorov Smirnov formula was carried out to determine whether the data was homogeneous or not. The results of this study indicate that there is an effect of using google classroom learning media on students' cognitive learning outcomes. Hypothesis testing obtain a sig (2-tailed) value of 0.000 < the significance level of 0.05 (5%) which means 0.000 is smaller than 0.05, so it can be conclude that Ho reject and Ha is accept. This means that there is an effect of using google classroom learning media on cognitive learning outcomes of class XII students in Islamic religious education subjects at SMAN 01 Kebun Tebu, West Lampung. Keywords: Learning media, Google Classroom, Cognitive Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2023 02:12
Last Modified: 08 May 2023 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27991

Actions (login required)

View Item View Item