TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PASCA BENCANA TSUNAMI SELAT SUNDA (Studi pada Masyarakat Desa Wai Muli Timur Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan)

NIKEN, ANDYA PRAMESTY (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PASCA BENCANA TSUNAMI SELAT SUNDA (Studi pada Masyarakat Desa Wai Muli Timur Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Keharmonisan dalam rumah tangga yaitu kondisi dan situasi dalam keluarga dimana di dalamnya tercipta kehidupan beragama yang kuat, saling menghargai, saling pengertian, serta memberikan rasa aman, nyaman dan tentram bagi setiap anggota keluarganya. Namun untuk mewujudkan ataupun menjaga keharmonisa dalam rumah tangga tidaklah mudah, banyak faktor yang dapat memicu pertengkaran dalam rumah tangga seperti ekonomi, komunikasi dan tidak terpenuhinya hak dan tanggung jawab dari suami atau istri. Hal ini seperti yang terjadi pada korban bencana tsunami yang berada di Desa Wai Muli Timur Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Akibat dari bencana tsunami tersebut banyak warga Desa Wai Muli Timur yang kehilangan tempat tinggal, harta benda, sanak keluarga, bahkan kehilangan mata pencaharian dan mengalami trauma. Perekonomian yang sulit serta mengalami trauma sehingga sulit diajak komunikasi kerap menjadi faktor percekcokan bagi pasangan yang menjadi korban bencana tsunami di Desa Wai Muli Timur. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini mengenai Bagaimana upaya yang dilakukan masyarakat Desa Wai Muli Timur dalam menjaga keharmonisan rumah tangga pasca bencana dan Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap upaya yang dilakukan masyarakat Desa Wai Muli Timur dalam menjaga keharmonisan rumah tangga pasca bencana. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam pengumpulan data metode purposive sampling dipilih untuk menentukan sampel penelitian dan sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang di lakukan masyarakat Desa Wai Muli Timur dalam menjaga keharmonisan rumah tangga pasca bencana yaitu dengan mengutamakan agama dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta selalu bersyukur dalam segala hal, selain itu upaya yang mereka lakukan yaitu dengan mengedepankan rasa kasih dan sayang. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat Desa Wai Muli Timur dalam menjaga keharmonisan rumah tangga sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam sebagaimana yang tertulis dalam Q.S Ar-Rum ayat 21 tentang keharmonisan dalam suatu rumah tangga dapat diwujudkan dengan adanya rasa kasih dan sayang serta adanya ketenangan atau ketentraman (Sakinah, Mawaddah, Warahmah). Selain itu tertulis juga dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Mutafaq’alaih bersama Imam tujuh lainnya yang mengatakan bahwa terwujudnya keharmonisan rumah tangga yaitu dengan memiliki pasangan yang taat dalam beragama. Kata Kunci : Keharmonisa Rumah Tangga, Dampak Pasca Bencana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 May 2023 07:35
Last Modified: 02 May 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27941

Actions (login required)

View Item View Item