ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN LIMBAH SEBAGAI SALAH SATU PERAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT Perkebunan Nusantara VII Lampung Tengah)

Dinda, Ariana (2023) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN LIMBAH SEBAGAI SALAH SATU PERAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT Perkebunan Nusantara VII Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan sarana infrastruktur yang semakin gencar dilakukan oleh pemerintah serta kegiatan operasional perusahaan membuat lahan hijau semakin berkurang. Penerapan akuntansi lingkungan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar biaya lingkungan yang dikeluarkan dalam pengelolaan limbah, meminimalisir biaya yang dikeluarkan, dapat mengontrol tanggung jawab perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan perusahaan, serta dapat membuat laporan biaya lingkungan untuk dijadikan pedoman manajemen dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana perusahaa mengidentifikasi, mengakui, mengukur, menyajikan, dan mengungkapkan akuntansi lingkungan biaya pengolahan limbah pada laporan keuangan serta menganalisis peran pertanggungjawaban sosial perusahaan dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian pada PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Bekri Lampung Tengah adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara dan data sekunder di ambil dari laporan keuangan perusahaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode ceklist yaitu membandingkan aturan-aturan dengan penerapan akuntansi lingkungan PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Bekri Lampung Tengah. Hasil dari temuan peneliti adalah penerapan akuntansi lingkungan PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Bekri Lampung Tengah mengakui transaksi sebagai biaya apabila telah digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan. Penerapan akuntansi lingkungan terhadap pengelolaan limbah pada PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Bekri Lampung Tengah mengunakan metode ceklist sudah 100% yang artinya sudah memenuhi standar. PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Bekri Lampung Tengah sudah mengeluarkan biaya-biaya terkait dalam biaya lingkungan, dan sudah diidentifikasi secara khusus oleh pihak perusahaan didalam laporan keuangan seperti yang diidentifikasikan oleh Teori Hansen dan MowenSedangkan untuk peran pertanggungjawaban sosial perusahaan dalam perspektif ekonomi islam menggunakan metode ceklist sudah 75% yang artinya cukup memenuhi standar dan sisanya 25% belum sesuai dengan standar yang ada diantaranya adalah implemebtasi unsur Al-Ikhsan. Dimana perusahaan dalam penerapan kebijakan pertanggungjawaban sosial perusahaan dalam perspektif islam bidang lingkungan belum menerapkan prinsip ihsan secara sempurna, karena masih mengharapkan sesuatu setelah memberikan bantuan atau di sebut juga dengan imbalan meskipun tidak berupa barang melainkan berupa permintaan untuk menampilkan logo. Kata kunci : Akuntansi Lingkungan, Pengelolaan Limbah, Peran Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 May 2023 06:45
Last Modified: 02 May 2023 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27938

Actions (login required)

View Item View Item