IMPLEMENTASI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs N 1 KOTA AGUNG KEC. KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

HARIZA , H (2017) IMPLEMENTASI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs N 1 KOTA AGUNG KEC. KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs N 1 KOTA AGUNG KEC. KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS Oleh: HARIZA NPM.1211030015 Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena pendidikan di madrasah yang dalam melakukan pembelajaran belum maksimal, hal ini disebabkan masih ada oknum Guru di MTs N 1 Kotaagung yang kurang disiplin dan masih rendah kinerjanya, padahal kepala madrasah sudah berupaya menggunakan metode kepemimpinan yang baik. Adapun fokus masalahnya berkenaan dengan peran kepala madrasah sebagai manajer dalam mneingkatkan kinerja guru di MTs N 1 Kotaagung Kec. Kotaagung Kab. Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan adanya peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan Kinerja Guru, untuk menjelaskan respon Guru terhadap kebijakan kepala madrasah, serta untuk membuktikan penyebab rendahnya kinerja Guru di MTs N 1 Kotaagung Kec. Kotaagung Kab. Tanggamus. Objek dalam penelitian ini adalah guru-guru dan Kepala MTs N 1 Kotaagung Kec. Kotaagung Kab. Tanggamus. Dan dalam penelitian ini di titik beratkan kepada peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, interview, dukumentasi, wawancara. Dari hasil analisis diketahui bahwa faktor yang menghambat kepala MTs N 1 Kotaagung Kec. Kotaagung Kab. Tanggamus dalam meningkatkan kinerja guru adalah kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran, kondisi ini terlihat dari minimnya buku-buku paket pembelajaran yang ada di perpustakaan sehingga guruguru dan peserta didikpun tidak bisa mendapatkan buku paket pembelajaran secara keseluruhan sehingga mereka harus bergantian untuk meminjam. Dapat diambil kesimpulan bahwa peran kepala madrasah belum berhasil dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah disebabkan karena kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran, kurangannya kegiatan tambahan bagi guru dan kurangnya kesadaran guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kata kunci : Peran Kepala Madrasah dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item