UPAYA GURU PAI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

MARLINA , YESSI (2017) UPAYA GURU PAI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Upaya Guru PAI Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan Upaya adalah usaha, akal, ikhtiar atau untuk mencapai suatu maksud, memecahkan persoalan mencari jalan keluar dan sebagainya. Guru adalah orang yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran serta menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkah kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan. Dalam dalam peroses pendidikan pasti tak luput dari penerapan pendidikan agama Islam dirasa sangat penting memberikan bimbingan dan pembinaan kepada peserta didik dalam rangka mengarahkan proses pertumbuhan dan perkembangan mereka menuju terbentuknya pribadi muslim dan yang utama dan mandiri. Tugas dan tanggung jawab guru pendidikan agama Islam bukan sekedar mendidik peserta didik agar memiliki kepribadian yang baik, tetapi juga mmemiliki tugas memiliki kepribadian yang baik, tetapi juga memiliki tugas memupuk dan meningkatkan memotivasi belajar peserta didik melalui proses belajar mengajar disekolah. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara upaya guru PAI dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan kenyataan bahwa masih rendahnya memotivasi belajar peserta didik kelas XI. IPA. 1 di SMA Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan. Rumasan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana upaya guru PAI dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kalianda lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka tahap selajutnya adalah pengolahan data memalui tahap reduksi, display (penyajian data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Dari hasil penelitian ini maka dapat ditark kesimpulan bahwa guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan telah melakukan berbagai upaya guru PAI dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI namun belum berhasil karena dipengaruhi oleh faktor internal yaitu dalam diri peserta didik itu sendiri dan faktor eksternal yaitu belum ada kerjasama yang baik antara pihak pendidikan dan orangtua peserta didik yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: upaya guru PAI dalam memotivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item