PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Putri , Liana (2017) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh: Liana Putri Salah satu faktor rendahnya kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kegiatan belajar mengajar yaitu guru tidak menggunakan metode yang bervariasi dan cenderung menggunakan metode konvensional. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran kemampuan berbicara. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “apakah metode bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III MIN 11 Bandar Lampung?”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara siswa kelas III MIN 11 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen Desain). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN 11 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dengan metode bermain peran dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan uji F untuk uji homogenitas. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan melalui uji-t diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item