PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

MUTIARA, CAHYANI PUTRI (2023) PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MUTIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi sekolah dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada siswa dan kendala yang dihadapi, dalam penelitian ini peneliti memilih SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung sebagai tempat pelaksanaan penelitian. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan peneliti menggunakan analisis data berupa triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung sudah memenuhi tiga (3) tahapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran berdasarkan Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama yang ditetapkan oleh Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016. Kegiatan pada tahap pembiasaan meliputi opening class (Tadarus Al�Qur’an), jurnal membaca harian, media perpustakaan kelas, media moving book, media poster bertema literasi, menciptakan lingkungan kaya teks, alumni menghibahkan buku ke perpustakaan, dan kegiatan memilih buku bacaan. Untuk tahap pengembangan meliputi opening class (Tadarus Al-Qur’an), kegiatan permainan kosa kata, kegiatan BBQ (Bina Baca Qur’an), kegiatan tasmi’, kegiatan menanggapi hasil bacaan, dan kegiatan jam membaca mandiri. Untuk tahap pembelajaran meliputi opening class (Tadarus Al-Qur’an), permainan kosa kata, kegiatan menanggapi hasil bacaan, dan kegiatan tantangan membaca. Kendala yang dihadapi dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung meliputi kendala umum dan kendala khusus. Adapun kendala umum terdiri dari kurangnya koleksi bertema literasi dan fasilitas di perpustakaan yang kurang memadai. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya minat baca di perpustakaan, sedangkan kendala khusus tampak pada kegiatan moving book. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh tenaga perpustakaan yang jumlahnya masih minim. Kata Kunci : Penerapan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:05
Last Modified: 18 Apr 2023 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27827

Actions (login required)

View Item View Item